watak bentuk tanah

ternyata tanah juga memiliki watak serta firasat bagi pemiliknya, oleh karena itu jika anda hendak membeli tanah agar seyogyanya memperhatikan bentuk tanah tersebut. dalam primbon jawa ditulis bahwasannya tanah dengan berbagai bentuk dan keadaan akan berpengaruh pada pemiliknya. karena itu ada tanah baik dan ada juga tanah tidak baik, karena ada yang membawa rezeki ada juga yang membawa malapetaka.

watak bentuk tanah

karena bumi ini tidak rata maka tanah yang dimiliki orang juga tidak selalu rata, ada yang tinggi di kanan ada juga yang dikiri ada juga yang terbelah oleh sungai dan lain sebagainya, jika dilihat dari keadaan dan bentuk tanah itu sendiri. namun demikian yang akan saya terangkan disini adalah tanah yang akan digunakan sebagai tempat tinggal/ akan dibangun rumah. maka dari itu perhatikan baik-baik penjelasan saya, agar anda bisa memahami tantang posisi tanah yang bagus dan kurang bagus untuk ditinggali.

  1. jika tanah tinggi disebelah barat, rendah disebelah timur. maka tanah tersebut akan membawa firasat dijauhkan dari penyakit, akan tetapi hubungan suami istri tidak bisa langgeng atau kekal.
  2. jika tanah tinggi di timur, rendah di barat juga disebut sri sadhana. wataknya berebut menang suami istri, dalam rumah tangga sering kehilangan barang dan kurang akrab dengan tetangga serta di benci para tetangga.
  3. jika ada sungai di selatan tanah dan terapit rumah di kanan kirinya maka tanah tersebut di namakan sekar sinom. artinya tanah tersebut akan membawa banyak rezeki, banyak uang tapi sering kehilangan. selalu sukses dalam usaha akan tetapi hati sering kecewa dan bisa kehilangan anak istri.
  4. jika tanahnya rendah selatan tinggi di utara, disebut gelagah tinunu. wataknya lancar wicaranya/ berani dalam sepak terjang dan tutur cakapnya. cocok menjadi seorang pemimpin.
  5. jika tanahnya rendah di utara tinggi selatan disebut bumi rasa artinya banyak istrinya, banyak harta banyak anak.
  6. jika tanahnya terkepung ancala, disebut kawula katubing bala, harta dekat teman lekat dan banyak orang menunjukan cinta kasihnya
  7. jika tanahnya terkepung air sungai, atau pelataran serta lantai rembes, disebut sigar panjalin artinya tidak akrab dengan sanak saudara
  8. jika tanahnya sebelah barat ada ancala dan rendah bagian tengahnya maka disebut angelak, si penghuni menjumpai orang mengamuk
  9. jika tanahnya mengandung air panas disebut singa meta, artinya akan sering jatuh sakit.

One Response