tanaman obat alamanda

tanaman obat alamanda yang memiliki nama lain adalah allamanda cathartica L, alamada juga termasuk dalam tanaman obat herbal dapat mengobati penyakit sembelit, demam, ekzema, bisul, abses, kurap, mematikan belatung dan jentik nyamuk. tanaman ii berasal dari daratan amerika yang memiliki suhu tropis, alamanda termasuk jenis tanaman perdu yang biasa merambat keatas serta mengandung getah. ketinggian tanaman pada umumnya mencapai 6 meter. di indonesia sendiri dapat di jumpai di dataran yang memiliki ketinggian 10- 850 meter diatas permukaan laut. alamanda juga termasuk sejenis bunga kamboja, di daerah sunda bunga ini dikenal dengan sebutan lame areuy.

tanaman obat alamanda

alamanda berdaun tunggal berwarna hijau tua mengkilat, bertangkai pendek bentuknya lanset dengan ujung runcing dan pangkalmenyempit, tepi rata dengan panjang kurang lebih 10-20 cm dan lebar 2-6 cm. bunganya keluar dari ujung batang dalamkarangan yang berbentuk tandan seperti lonceng, sedangkan mahkotanya berlekuk lima dengan warna kuning. memiliki buah dengan bentuk kotak , bertangkai dan berkatup dua dan bijinya gepeng. sedangkan bagian yang berkhasiat untuk pengobatan adalah daunnya yang terasa pedas, pahit dan sifatnya yang hangat dan beracun ini mempunyai khasiat sebagai pencahar dan menyebabkan muntah.

khasiat alamanda yang memiliki daun pedas dan pahit untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti sembelit, demam, ekzema, bisul, abses dan kurap. caranya adalah ambil daun alamanda secukupnya lalu cuci hingga bersihdan kemudian tumbuk hingga halus. hasil tumbukan yang halus tadi balurkan di daerah yang sakit. sedangkan getahnya yang beracun bisa untuk mematikan jentik nyamuk dan belatung.

Leave a Reply