tanaman obat ajeran

ajeran atau yang memiliki nama lain bidens pilosa l, adalah sebuah tanaman yang memiliki kandungan untuk mengobati berbagaia penyakit seperti radang usus buntu, acute infectious hepatitis, rheumatic sendi, berak-berak, radang selaput otak, sakit gigi, radang kulit bernanah, gigitan ular, memar terpukul, gatal-gatal dan koreng.

tanaman obat ajeran

tanaman ajeran ini sering tumbuh liar dipinggir jalan atau di tanah kosong yang tidak terpelihara dengan udara yang panas atau lembab. tanaman obat ajeran ini juga sering di pakai sebagai tanaman hias untuk mempercantik taman karena memiliki bunga yang indah. tanaman ajeran memiliki tinggi kira-kira 50 sampai 150 cm, bentuk batang persegi dan warnanya hijau serta pada ujung batang terdapat bulu-bulu kasar.

khasiat tanaman ajeran adalah :

  • sebagai obat radang usus buntu, acute infectious hepatitis, rheumatik sendi, berak-berak/ mencret. caranya adalah ambil tanaman seluruhnya (satu pohon), lalu rebus dengan air secukupnya tunggu hingga air menjadi sekitar 2 gelas lalu diminum setiap pagi sebelum makan.
  • sedangkan untuk mengobati radang selaput otak, ambilah pohon ajeran 15-30 gram, tambahkan kemuning, 30-90 gram lalu direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1 gelas. minumlah air rebusan tersebut setiap hari pada malam hari sebelum tidur.
  • untuk menyembuhkan sakit gigi, caranya adalah daun ajeran dikunyah hingga lembut lalu diamkan di letakan di gigi yang sakit selama kurang lebih 1 jam. lalu buang kunyahan daun tadi. lakukan secara rutin berturut-turut setiap datang rasa nyeri giginya, maka akan sembuh dengan cepat.
  • untuk obat kulit bernanah, gigitan ular, memar terpukul, wasir, gatal-gatal. caranya haluskan daun ajeran kemudian tempelkan di bagian yang sakit dan biarkan sampai beberapa saat.
  • obat korang yang membandel, caranya daun di layukan diatas api lalu tempelkan di bagian koreng yang akan disembuhkan

tanaman ajeran memiliki komposisi atau kandungan senyawa yang ada di dalamnya seperti phytosterin-B, sifat kimiawi dan farmakologis tanaman ini pahit, agak dingin, penurun panas ( antipiretik, anti radang, menghentikan pendarahan dan melancarkan peredaran darah.

Leave a Reply