tanaman obat ackee

tanaman obat yang memiliki nama ackee, mungkin belum banyak di kenal oleh masyarakat indonesia karena berasal dari jamaica. tanaman yang memiliki nama lain blighia sapida konig ternyata dapat mengobati berbagai penyakit seperti diabetes mellitus atau kencing manis. ciri-ciri tanaman ini memiliki tinggi 7 sampai dengan 10 m, memiliki daun majemuk berganda satu, anak daun terdiri dari 4 sampai 6 lembar memiliki bentuk lebar, bertepi rata dengan uratnya yang jelas.

tanaman obat ackee

tanaman ackee memiliki buah yang tidak begitu ketara, karena ukurannya kecil dan berwarna hijau terletak di ujung-ujung ranting atau di ketiak-ketiak daun dengan mahkota berbilangan lima kecil-kecil. buah dari tanaman obat ackee ini mencolok karena dalam satu tangkai bisa berisi 6 sampai 7 buah, dan apabila masak maka kulit buah akan berubah menjadi kemerahan. sebelum jatuh ke tanah buah tersebut pecah terlebih dahulu menjadi tiga bagian, sehingga isi dari buah akan terlihat.

khasiat dari buah ackee adalah sebagai obat diabetes millitus(kencing manis), caranya: ambil 1 butir daging buah ackee, lalu rebus dengan 3 gelas air, kemudian tambahkan sebutir garam dapur. rebus hingga air menjadi kurang lebih 1 gelas. minum air rebusan tadi pada malam hari sebelum tidur 1 kali. untuk melihat manfaatnya periksa reduksi urine setiap 3 hari dan setiap seminggu sekali periksa sakar darah (BSN)

untuk kandungan tanaman ackee sendiri memiliki komposisi, daun, kulit, buah, arrilus dan bijinya mengandung gamma GT, hypoglycin A dan B. senyawa-senyawa tersebuta bisa menyebabkan hypoglikemik ( menurunkan kadar glukosa dalam darah)

Leave a Reply