syarat bepergian untuk tolak bala

menurut orang jaman dahulu yang wajib di ketahui oleh para anak cucunya yakni melakukan syarat-syarat yang harus dilaksanakan dalam bepergian jauh. dengan tujuan agar senantiasa di beri keselamatan dijauhkan dari wamar bahaya sekaligus sebagai tolak bala. sehingga dalam perjalanannya nanti selalu dalam lindungan sang pencipta dan juga di jauhkan dari kesialan.

beratus-ratus tahun yang lalu memang dalam adat jawa khususnya para tetua adat dan sesepuh selalu membekali kepada anak cucunya tentang pedoman menjalankan lakuning urip neng dunyo, artinya menjalankan kehidupan didunia harus dengan segala hitungan dan pemikiran. oleh karena itu syarat dalam bepergian ini juga menjadi wejangan atau nasehat yang harus di laksanakan agar senantiasa menjadi orang yang selamat.

tujuan dari pada syarat bepergian ini tidak lain adalah untuk menolak keburukan dari segala penjuru dan menolak musibah dari segala arah. sehingga perjalanan semakin mantap dan tidak was-was lagi. mengingat pada jaman dahulu orang melakukan perjalanan jauh dengan menempuh jalanan yang sepi keluar masuk hutan sehingga selain kejahatan yang di lakukan oleh orang seperti perampok, juga mara bahaya yang diakibatkan oleh binatang buas atau mahluk halus.

namun demikian, syarat untuk melaksanakan bepergian keluar rumah tidak hanya berlaku pada saat itu saja. melainkan masih banyak yang menggunakan hingga sekarang. tentunya untuk menjauhkan dari segala hal yang tidak di inginkan selama melakukan perjalanan yang jauh. oleh karena itu melalui situs ini saya ingin berbagi tentang syarat yang wharus di lakukan sebelum melangkah meninggalkan rumah untuk mengawali perjalanan. baik untuk tugas negara, pekerjaan, atau mencari rezeki dan berlibur.

tentang syarat bepergian ini di bedakan menurut hari nya, artinya jika anda akan pergi keluar rumah dalam jarak yang jauh atau waktu yang lama maka anda harus mengetahui hari apa yang anda gunakan ketika akan berangkat lalu lakukan syarat yang akan saya berikan. syarat ini tidak susah dan mudah sekali dilakukan sebagai syarat utama tolak bala.

1. pergi pada hari jumat pagi, siang, sore sebaiknya sebelum melangkahkan kaki keluar pintu agar meminum air terlebih dahulu. jika perginya untuk tujuan pekerjaan maka sebaiknya minum air putih agar senantiasa dilindungi dari fitnah maupun prasangka buruk orang lain. apabila perginyta untuk urusan mencari pekerjaan atau berdagang maka minumlah air teh agar kelak mendapatkan hasil yang menyenangkan dan memberikan keberuntungan. apabila untuk urusan berlibur, wisata, maka sebaiknya minumlah air kopi agar terhindar dari marabahaya di jalan. lalu apabila perginya diwaktu malam sebaiknya gigitlah ujung jari, namun jangan terlalu keras agar tidak luka. lalu diludahkan 3 x ke tanah. syarat ini sebagai tolak bala di malam hari agar dijauhkan dari hal-hal yang tidak di inginkan seperti begal dan mahluk halus.

2. pergi pada hari sabtu, maka syaratnya adalah dengan mengusap kedua kelopak mata menggunakan telapak tangan sebanyak 3x lalu pandanglah ke atas. syarat ini berguna untuk memberikan petunjuk jalan yang ditempuh agar tidak tersesat. hari sabtu juga merupakan salah satu hari yang sangar untuk bepergian. oleh karena itu agar waspada dan lakukan syarat ini sebagai syarat meminta keselamatan. apabila perginya pada malam hari maka lakukan meludah satu kali kedepan halaman rumah. agar sekepergian anda rumah yang di tinggalkan senantiasa di jaga dan di beri keamanan, begitu juga yang pergi di lindungi di jalan.

3. pergi pada hari minggu, agar memakan makanan yang manis. apabila tidak ada bisa di tambahkan gula yang penting sebagai syarat makanan yang manis. hal ini dilakukan sebagai syarat agar dlam perjalanan senantiasa menemukan kebaikan dan keberuntungan. apabila perginya malam hari hendaklah memadamkan api atau lampu sebagai syarat agar senantiasa dijaga dalam perjalanan.

4. pergi pada hari senin, syaratnya adalah dengan cara menghisap sapu tangan bagi yang biasa pergi membawa sapu tangan. apa bila tidak bisa juga dengan menggigit ujung baju yang digunakan. hal ini sebagai syarat tolak bala bahwa aura keburukan dan kejahatan tidak akan menimpa dirinya selama perjalanan. apabila perginya malam hari agar membawa pisau kecil yang tajam. menurut para sesepuh bahwa malam senin merupakan malam dimana para res-res atau hal gaib berada di perlintasan jalan. dengan membawa benda tajam di percaya bisa terhindar dari sesuatu yang datangnya dari alam gaib.

5. pergi pada hari selasa, jika anda hendak pergi pada hari selasa maka sebagai syarat untuk keselamatan dan keberhasilan adalah dengan menyikat atau membersihkan sepatu atau sendal yang di pakai pada ujungnya sebelah kiri. dipercaya bahwa hal-hal keburukan atau aura negatih suka menempel pada ujung alas kaki yang digunakan bepergian. apabila malam hari maka ambil sebatang lidi atau sapu lidi kemudian patahkan menjadi dua lalu sebarkan di halaman. hal ini di percaya mampu memberikan keamanan pada rumah yang ditinggalkan, karena seolah-oleh anda memerintahkan dua penunggu untuk menunggu rumah.

6. pergi pada hari rabu, sebagai syarat usaplah pada bagian belakang telinga dengan menggunakan sedikit minyak wangfi atau parfum. dipercaya aira kebaikan dan keberuntungan akan selalu berpihak pada anda sehingga dijauhkan dari kesialan selama bepergian. apabila malam hari maka berkumurlah lalu airnya di buang di halaman rumah.

7. pergi pada hari kamis, malam syaratnya adalah memakai parfum yang wangi di kenakan di rambut atau pakaian. niscaya usaha anda akan berhasil ketika anda pergi. apabila siang hari celupkan ujung jari kedalam air lalu usapkan sebagian ujung jari pada kedua alis mata dan rambut kepala.

demikianlah syarat-syarat yang harus dilakukan ketika anda hendak bepergian. petunjuk ini merupakan titah atau wejangan dari para sesepuh jaman dahulu sebagai usaha untuk mendapatkan keselamatan dan keberhasilan selama bepergian.

Share on: