sifat manusia berdasarkan neptu kelahirannya

perhitungan ini berpedoman pada hitungan hari lahir dan pasarannya sesuai dengan perhitungan Panca Suda Aseli. caranya adalah hitungan hari dijumlah dengan hitungan pasarannya hasilnya adalah sifat manusia tersebut.

7 = lakuning bumi (perputaran bumi)
8 = lakuning geni (perjalanan api)
9 = aras peksi atau lakuning angin ( bertiupnya angin)
10= aras pepet atau lakuning pandita sakti (perjalanan pandita sakti)
11= aras tuding atau lakuning setan (perjalanan syetan)
12= aras kembang atau lelakuning jejodohan (perjalanannya perjodohan)
13= lakuning lintang (perjalanan bintang)
14= lakuning bulan (perjalanan bulan)
15= lakuning surya (perjalanan matahari)
16= lakuning banyu (perjalanan air)
17= lakuning bumi gede (perljalanan bumi besar)
18= lakuning geni gede (perjalanan api besar)

adapun artinya, menurut sifat manusia sesuai dengan hasil neptu kelahiran di atas adalah:

7 = perputaran/perjalanan bumi: sifat ini adalah orangnya pendiam, gampang tersinggung, pemarah, sedikit memiliki kawan, tumpul pemikirannya namun tidak suka bertindak kurang semestinya terhadap kaum wanita.

8 = perjalanan api : sifat manusia ini adalah pendengki, suka bertengkar, tidak mau kalah banyak orang tersakiti hati karenanya bila ia seorang wanita, kadang-kadang suka mencelakakan orang yang jadi teman atau sanak saudara.

9 = bertiupnya angin :orang yang memiliki sifat ini adalah pendiam, sukanya menyendiri dalam rumah tangga, sering berpindah-pindah rumah, senang dipuja, bila mencoba memperlihatkan kepandaiannya tidak berhasil maka akan marah karena malu, hatinya selalu gelisah.

10= perjalanan pandita sakti:sifat ini adalah pendiam tetapi pikirannya tajam, mudah mempelajari aneka ilmu, bila marah suka dendam, kebanyakan menjadi ahli nujum, juga bakat jadi ahli ilmu kebatinan, perkataannya selalu berlebihan, cocok untuk jadi sastrawan.

11= perjalanan syetan : sifat manusia ini adalah berani berjalan pada malam gelap gulita, tabah, dalam pakaian tidak bisa awet sering dijual, suka terhadap harta orang lain, suka mengambil hak orang lain atau panjang tangan.

12= perjalanannya perjodohan : memiliki sifat kikir tetapi di sukai dalam pergaulan baik teman pria maupun teman wanita, dimanapun banyak kenalan, mudah mencari rezeki, dalam bersuami istri mudah bosanan, dalam asmara mudah berkobar namun mudah juga padam.

13= perjalanan bintang : pendiam ramah tamah dan suka menolong, tetapi dijauhi teman, tidak pernah marah sama sekali, , suka begadang, pandai berbicara, punya bakat dagang, kemauannya keras tidak mau dicegah, pendiriannya malang diterjang dihambat melompat.

14= perjalanan bulan : arti sifat ini adalah segala yang dikerjakan selesai rapi dan baik, cepat hidup bahagia dan tentram, , cepat pandai dan cerdas, dan disukai orang banyak, berbudi luhur dan luas, segi buruknya adalah jika sudah datang malasnya , tidak punya bakat menjadi orang kaya.

15= perjalanan matahari: arti sifat ini adalh tutur katanya lemah lembut, menarik hati, pemaaf dan mudah memberikan pengertian pada sesama, selalu mengalah dalam berselisih, pandai menghasilkan karya-karya ciptaan, sisi buruknya adala apabila sedang makan sesuatu tidak mau di ganggu oleh orang lain.

16= perjalanan air : anak yang memiliki sifat ii kalau sudah besar sika merintah sesamanya, kemauannya keras, pandai silat lidah, tidak mau sampai kekurangan makan, sikap dan wajahnya mudah menarik perhatian, tingkahnya banyak, dalam rumah tangga juga kurang sesuai / cocok, mudah sengketa tidak memandang waktu dan tempat.

17= perjalanan bumi besar : artinya dalam ihtiarnya bisa menimbulkan bahaya , budi bahasanya merendah, dalam pembicaraan sering terputus ( suka mengeluarkan isi hatinya) suka memandang rendah orang lain/ meremehkan, sehingga tidak punya kawan walaupun perkataannya selalu benar.

18= perjalanan api besar: orangnya pendengki, pencemburu, kalau mencela orang sering melampaui batas, perkataannya suka asal buka mulut, tidak memikirkan panjang apakah perkataannya menyinggung hati orang lain atau tidak, tanpa memperdulikan pikiran perasaan maupun keadaan orang lain, sikap dan sepak terjangnya hanya menuruti kehendak hatinya sendiri, senyum tawanya sering mengandung sindiran, atau menyinggung perasaan . bila marah tidak pandang menghadapi siapapun, tampaknya kelewat berani padahal jiwanya pengecut.

demikianlah sifat manusia jika dilihat dari neptu / perhitungan hari lahirnya, semoga bermanfaat sehingga bisa mengetahui kekurangan kita untuk bisa berusaha menjadi yang lebih baik.

Share on: