sawan mayit dan penangkalnya

sawan mayit sering terjadi pada anak-anak dan bayi, hal ini terjadi karena orang tua tidak mengikuti anjuran para sesepuh atau leluhur. untuk tidak membawanya ke rumah orang yang sedang berkabung , karena di tempat tersebut masih ada mayit yang belum dikubur. menurut orang jaman dahulu agar janganlah membawa anak-anakmu yang masih kecil mendatangi orang mati, kerana akan terkena sawan mayit.

sawan mayit dan penangkalnya

percaya tidak percaya, hal tersebut sudah menjadi tradisi turun-temurun yang di ikutin masyarakat tanah jawa. karena apabila anak/ bayi terkena sawan mayit, susah untuk menyembuhkan atau mencari penangkalnya. ciri-ciri anak terkena mayit adalah menangis terus-menerus (rewel), susah tidur, kagetan, ketakutan tanpa sebab, badan panas dan bisa sampai kejang-kejang, jika kondisi anak atau bayi tidak kuat bisa sampai meninggal.

penyakit ini dipercaya datangnya dari pengaruh orang yang sudah meninggal, karena bayi dan anak-anak rata-rata masih dianggap suci dan memiliki kepekaan mata, sehingga kadang bisa melihat roh atau arwah yang meninggal tersebut. ketika itu mereka melihat orang yang sudah meninggal arwahnya sedang menangis atau teriak-teriak bahkan ada yang menghampiri anak tersebut, sehingga merasa ketakutan dan menjadikan munculnya sawan mayit pada anak.

selain datangnya dari roh tersebut, penyebabnya juga bisa saja datang dari pengaruh aura yang di dapatkan dari orang tua yang pulang ta’ziyah. oleh karena itu pesan para sesepuh dan orang tua, jika anda pulang dari menghadiri tempat orang meninggal/ melayat. maka sebaiknya seluruh pakaian dan perhiasan/ acsesories yang anda pakai agar di lepas terlebih dahulu, lalu dicuci dan anda segera mandi. baru boleh menyentuh anak-anak dirumah. karena hal ini jika tidak dilakukan maka anak bisa terkena sawan mayit yang anda bawa dari rumah duka.

apabil anda lupa sehingga anak anda terkena sawan mayit. maka sebagai penangkal atau obatnya agar sawan tersebut bisa segera hilang dan sehat kembali. maka cara mengobatinya adalah harus mencapur Sawanan yaitu Ramuan yang terdiri dari Bangle dan Dlingo. kemudian di campur dengan tanah yang terkena air saat memandikan jenazah tadi. selanjutnya ramuan tersebut kemudian di balurkan ke seluruh tubuh. lakukan sesegera mungkin apabila andak anda menunjukan ciri-ciri atau gejala yang mengarah pada sawan mayit. agar tidak semakin parah dan fatal.

demikian artikel saya semoga bermanfaat.

Leave a Reply