ritual dan syarat mandi 7 sumur

Mandi 7 sumur atrau dalam bahasa adus sumur pitu, adalah mandi yang dilakukan menggunakan air dari tujuh sumur atau sumber mata air. Pada jaman dahulu ritual ini dipercaya dan diyakini dapat membuang aura negativ serta dapat membersihkan diri dari segala kotoran yang bersifat gaib, ada juga yang mengatakan bahwa mandi 7 sumur dapat membuang sial tergantung niat dan keinginannya.

Mungkin apabila di daerah perkotaan susah mendapakan sumber air, yang noteben nya penduduk perkotaan menggunakan air PDAM atau PAM, maka harus pergi ke pedesaan mencari sumur-sumur penduduk.atau bisa juga mendatangi tempat-tempat wisata keramat sumur tujuh di depok. mandi tujuh sumur dapat digabung dengan bunga 7 rupa tergantung dari niatnya karena akan lebih bagus jika ditaburi dengan bunga.

Syarat sumur yang bagus untuk digunakan dalam ritual ini adalah sumur yang usianya sudah tua atau sangat tua disebut sumur tua, jika tidak ada maka bisa menggunakan sumur mushala atau masjid. Sedangkan waktu yang bagus untuk mengambil air tersebut adalah sandekala ( waktu menjelang malam). Lalu waktu pelaksanaan mandi 7 sumur adalah tengah malam ( yang paling utama adalah malam rabu dan malam jumat). ada juga istilah mandi sumur tujuh yang artinya anda harus mandi di tempat ketujuh sumur tersebut.

Berapa banyak air yang diambil tiap-tiap sumur? Sebenarnya hal ini hanyalah sebagai syarat, untuk banyak dan sedikitnya tergantung dari air yang akan dibuat mandi, jika tempatnya satu ember maka air ke 7 sumur tersebut harus cukup dalam satu ember tersebut.

Pelaksanaan mandi 7 sumur hapir sama dengan mandi wajib atau mandi kembang, yaitu sebelum menyiramkan air ke badan, bacalah niat sesuai keinginan anda dalam melakukan ritual mandi 7 sumur ini.

Share on: