primbon pengobatan jaman dulu paling mujarab

primbon pengobatan dalah metode penyebuhan pada jaman dahulu kala, baik berupa obat-obatan herbal, ramuan-ramuan rempah-rempah serta tata cara pengobatan yang harus dilakukan dalam mengatasi segala penyakit yang diderita oleh bayi, anak-anak hingga orang dewasa.

primbon pengobatan ini juga disebut mujarobat, yang sudah di uji khasiatnya berdasarkan pengalaman yang di lakukan oleh para tabib-tabib pada jaman dahulu kala. pengetahuan tentang bagaimana mengobati segala penyakit pada masa lampau. kemudian di turunkan turun-temurun kepada generasi penerus untuk dipelajari agar bisa membantu orang lain yang sedang kesusahan menghadapi penyakit.

1.obatnya anak lumpuh yang diakibatkan karena habis sakit panas tinggi yang tidak turun-turun.
-setiap pagi di mandiin menggunakan air hangat sambil diurut kakinya dari atas ke bawahllah
-setiap pagi dan sore habis mandi kakinya di olesi bedak hangat yang dicampur minyak tanah
-setiap malam sebelum tidur kaki yang lumpuh digosok menggunakan telapak tangan orang tuanya
-setiap pagi sebelum matahari terbit di olesi air embun yang menempel dirumput
latuh jalan setiap hari agar saraf-saraf bekerja.

2.obatnya anak yang gagap
sediakan air dalam kendi tanah lalu letakan di pelatara semalaman, setiap pagi diminum 1 gelas. lakukan secara rutin selama 1 minggu Insya Allah akan lancar berbicara.

3.tambane anak tidak bisa kentut
ambil daun jarak yang masih muda 7 lembar, lalu di olesi minyak klentik. kemudian di balurkan pada perut. Insya Allah dalam waktu dekat anak akan kembali kentut secara normal.

4.tamba anak penyakit kuning
ambil pisang emas dan kutu rambut di telan bersama-sama. lalu cari daun sukun yang tua dan sudah berwarna kuning kemudian direbus hingga berubah menjadi merah. minum airnya setiap pagi sore 1 gelas-satu gelas selama 3 hari. maka penyakit kuning anak anda akan sembuh segera.

5.tamba anak kena cacar air (cangkrengan)
ambil daun jarak kira-kira 5 lembar direbus setengah masak. lalu airnya digunakan untuk mandi dan daunnya di pakai untuk menggosok seluruh kulit yang terkena cacar air tadi.

6.jamu agar anak kuat makan
labu di parut, godhong bawang merah, madu semua dicampur lalu di kukus. setelah dingin di peras dan airnya diminumkan pada anak yang tidak doyan makan. insya Allah langsung kuat makan dan akan gemuk.

7.jamu agar anak kecil doyan makan
tempe busuk, temu ireng di parut semua lalu dikukus kemudian setelah dingin di cekokan kepada anak yang malas makan tadi.

8.jamu buat anak yang terkena sakit mejen (disentri)
diminumi air tajin pagi sore dan jangan dikasih minum susu terlebih dahulu selama sakitnya belum sembuh.

9.jamu untuk melebatkan rambut anak kecil
kepala anak yang rambutnya jarang-jarang di olesi madu tawon asli yang langsung diambil dari sarangnya, tidak akan lama rambutnya akan tumbuh lebat.

10.obat sakit mejen (diare)
kanji dicampur gula merah sedikit, kemudian di kasih air masak yang sudah dingin lalu diaduk dan diminumkan.

11.agar bekas potongan pusar bayi cepat kering
oleskan bekas pupus pusar bayi yang tidak kunjung mengering tadi dengan air susu ibunya, tidak lama pasti akan mengering dan sembuh.

12.agar rambut bayi menjadi ikal atau kriting setelah besar
potongan rambut bayi yang pertama pada saat selapanan, simpan dan di gulung-gulung/ diuntel-untel lalu masukan kedalam cangkang keong. lalu di kubur di pojokan rumah.

13.obat bayi kena mejen (disentri)
nangka sabrang/ sirsak yang sudah masak di ambil airnya lalu diminumkan pada bayi yang kena mejen tadi.

14.tamba anak muntah-muntah dan mencret
buah pala dan permen/ gula , santen kanil, jinten putih, kulit delima, jahe 3 iris, kabeh mau digerus nganti lembut. lalu di campur anggur atau minyak kayu putih. selanjutnya oleskan pada perut anak tadi.

15.tamba anak yang susah bicara
amil daun sirih lalu tepuktepukan dimulut anak yang susah ngomong atau gagap setiap hari insya Allah akan cepat bicara

16.obat anak batuk nggegek
lobak ungu di parut kemudian di peras diambil sarinya lalu diminumkan kepada si anak. maka tidak lama kemudian akan sembuh total

17.obat anak supaya tidak terkena step dan mencegah step/ panas tinggi
caranya adlah setiap pagi anak dikasih minum kopi 1 sendok teh.

18.obat anak sakit panas tinggi
jeruk pecel di peras kemudian ambil airnya lalu dicampur minyak klentik. minyak kayu putih, bawang merah di iris. barang tadi dicampur lalu di balurkan pada sekujur tubuhnya terutama kepala dan ubun-ubunnya. apabila masih bayi dan menyusu ibunya, maka sang ibu minum jamu air kunyit yang dicampur madu.

19.obat bedak sambetan bantam, apabila anak terkena penyakit kulit yang menular seperti bengkoyok, herpes, dhampa, gudhig dan sejenisnya.
siapkan kayu cendana berat 3 aga, kayu tai 3 aga. jinten hitam 2 aga, cendana jenggi 1 aga, mesoyi 2 aga, sintok 2 aga, seprantu 1 kebakar, adhas 1 aga, pulasari 3 aga, cengkeh 3 biji, pala 2 aga, waron 2 aga, kemukus 2 aga, teki 3 iji, kulit mimi 2 aga dibakar, nagasari 5 aga, jeruk purut 1 iris, kunyit 3 iris, kencur 3 iris, babakan pule 3 iris, bawang putih 1 siung, mrica putih 7 iji, lulang pe sadriji dibakar, garam 3 wuku, semua bahan di campur menjadi satu lalu di kasih air sedikit kemudian di peras lalu airnya di minumkan kepada si anak dan ampas dari hana tadi buat boreh atau bedak kulitnya.

20.jamu orang yang berak darah untuk anak dan orang tua
kayu manis jangan panjang satu jari dibakar, kencur dibakar 3 biji, klembak 3 aga, cakma 3 aga, kayu timur 5 aga, penawar jambe 5 aga, secang 5 aga, semua bahan di campur di pipis/ di tumbuk hingga halus lalu diperas dan airnya di minum.

21.membuat minuman obat batuk untuk anak usia 3 tahun
-cara 1 gula batu secukupnya, cengkeh 7 biji, kayu manis cina 1 jari panjangnya. seduh dengan air lalu di minumkan.
-cara 2 daun soga satugenggam, kayu manis cina satu ruas, bawang merah 3 siung di bakar. semua bahan masukan dalam gelas lalu diseduh air panas. apabila sudah dingin diminum.

22.tapel buat anak usia 7 sampai 8 tahun yang sakit buang air besar
lempuyang mentah masak 3 iris, jinten hitam 3 aga, bawang merah 3 biji, garam 3 wuku, campur bahan semua lalu ditumbuk halus dan di kasih air sedikit lalu buat tapel perut.

23.tapelnya anak kecil yang terkena mejen usia 1 hingga 3 tahun yang dikarenakan cacingan
adas 1 aga, pulasari satu jari, sacang 5 aga, widara laut 5 aga, cendhana jenggi 5 aga, kayu ules bakaran 1/2 iris kabakar, kencur 3 jumput, baeang putih bakaran 3 siung, menyan madu saklungsung, kulit manggis satu ruas, lampes 3 lembar, kasembukan 5 lembar, beras sajumput, kedhawung bakaran 3 biji, bawang merah yang tua 3 biji, adas 3 jodho, pulasari 2 ruas. semua bahan dicampur kemudian di haluskan tambahkan air sedikit lalu dipakai untuk tapel di perut.

24.obat cacing buat anak usia 1 sampai3 tahun
adas sajumput, pulasari saruas, bawang merah 3 biji, daun jarak cina 7 lembar, semua bahan direbus lalu airnya di minumkan.

25.tapel sakit perut buat anak usia 9 tahun sampai dewasa
daun bastru 2 atau 3 lembar, adas aking 8 biji, pulasari satu ruas, bawang merah dibakar , kawawuhan podi 5 aga, sida wayah 5 aga, semua di haluskan lalu dibuat tapel di perut.

26.jamu sesak nafas buan anak dan dewasa
akar kara putih satu genggam, di haluskan lalu dicampur bawang merah 3 biji, dhedes sebesar menir. semua bahan di campur lalu di tungkan air panas, setelah dingin diminum

27.tapel buat anak usia 7 sampai 9 tahun yang kurus
tembakau jawa satu klungsu, godhong pace 1 lembar, semua dicampur dan dihaluskan lalu dipakai untuk tapel di perutnya.

Share on: