primbon jawa mengetahui nasib dan perjalanan hidup berdasarkan weton

dalam sebuah buku primbon di katakan bahwa untuk mengetahui nasib seseorang dapat diketahui dengan angka peruntungan yang terdiri dari bilangan 1 sampai dengan 7 yang masing-masing memiliki makna yang berbeda. tiap-tiap weton atau hari kelahiran memiliki angka yang ada dalam firasat bilangan 1 sampai 7, untuk mengetahuinya silahkan lihat dibawah ini:

primbon jawa mengetahui nasib dan perjalanan hidup berdasarkan weton

1 = mati
2 = kekayaan
3 = bertolak belakang
4 = kehilangan
5 = kehormatan
6 = lancar
7 = pegat atau cerai

berdasarkan angka diatas yang tiap-tiap bilangan memiliki watak atau firasat maka untuk mengetahui nasib anda dan orang lain yang dapat diketahui dari wetonnya adalah:

  1. angka 1 memiliki firasat MATI, Weton yang memiliki angka peruntungan 1 yakni weton
    JUM’AT PON dan RABU KLIWON.

Weton pada hari tersebut, menurut peruntungan tanggal tradisional masyarakat Jawa memilki arti yakni‘MATI’ bukan pati melainkan firasat, bisa juga diartikan suatu kegagalan ataupun mati rezeki dalam hal lainnya.
Orang dengan weton ini sering mengalami kendala dalam hidupnya. Keberhasilan hanya mungkin didapatkannya jika orang tersebut mau bekerja keras dan pantang putus asa. Yang kerap terjadi adalah mati langkah atau mati pemikiran, sehingga nasibnya susah untuk berubah alias ‘jalan ditempat’. Terlebih lagi jika dalam melangkah suka sembrono atau sembarangan. Dengan sikap kesembronoannya itulah maka kegagalan banyak mewarnai hidupnya.Yang terpenting dalam melakukan usaha harus ekstra hati-hati dan tidak boleh seenak-enaknya atau sembarangan.
Meskipun bayangan kegagalan selalu menghantui, tapi tidak berarti hidup seseorang dalam weton ini akan gagal selamanya. Asalkan tetap ingat kepada Sang Pencipta dan selalu berikhtiar maka suatu saat rezekinya akan membaik.

  1. angka 2 memiliki firasat KEKAYAAN, Weton yang memiliki angka peruntungan 2 adalah orang yang lahir pada
    SELASA WAGE,
    JUM’AT KLIWON,
    SENIN PON,
    RABU PAHING,
    KAMIS PON,
    SELASA PON dan
    MINGGU PON

Menurut penanggalan Jawa, weton pada peruntungan ini memiliki arti yakni‘kekayaan’, kekayaan yang dimaksud, bisa berarti sebagai ‘keberhasilan’, dan sebagainya. Orang dengan weton diatas termasuk yang beruntung, karena jarang atau hampir tidak pernah menemui kendala yang berarti dalam hidupnya. Usaha yang dilakukan lebih banyak berhasil daripada gagalnya. Kalau mau berusaha lebih keras, maka akan menghantarkannya menuju sukses sesuai yang dicita-citakan.Oleh karenannya, yang perlu diingat disini adalah harus selalu mensyukuri rejeki yang didapatkan, sehingga akan memperoleh nikmat yang lebih.

  1. angka 3 memiliki firasat BERTOLAK BELAKANG, Weton yang memiliki angka peruntungan 3 adalah orang yang lahir tepat pada hari
    SELASA KLIWON,
    MINGGU KLIWON,
    SABTU LEGI,
    JUM’AT PAHING,
    SENIN KLIWON dan
    KAMIS KLIWON

Artinya bahwa orang yang lahir pada hari tersebut, menurut kepercayaan dan peruntungan penanggalan tradisional Jawa memiliki pengertian yakni ‘bertolak belakang’ yaitu memiliki sifat yang kontradiktif (bertentangan). Misalnya dalam hal pemikiran sering berlawanan dengan pendapat orang lain, sehingga sulit untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain. Selain itu, dalam melakukan usaha sering menjumpai keanehan, yaitu jika dilakukan dengan sungguh-sungguh atau serius justru akan menemui kegagalan, tapi kalau hanya sekedar iseng atau main-main malahan berhasil. Boleh dibilang kelompok orang dalam weton ini merupakan kelompok yang paling unik, karena sukses yang dicapai seringkali bukan dari hasil kerja keras, tapi hanya bersifat kebetulan yang mungkin hanya diawali dari hobi atau kegemaran semata.

  1. angka 4 memiliki firasat KEHILANGAN, Weton yang memiliki angka peruntungan 4 adalah orang yang lahir tepat pada hari
    KAMIS PAHING,
    SELASA PAHING,
    MINGGU PAHING,
    SENIN PAHING dan
    RABU WAGE,

Artinya bahwa orang yang lahir tepat pada hari tersebut, menurut penanggalan tradisional Jawa orang tersebut ‘akan kehilangan’kehilangan disini bisa diartikan sebagai ‘merugi’, dan sebagainya. Oleh karenanya, orang yang lahir pada hari tersebut diharapkan harus sangat berhati-hati jika melakukan usaha, karena jika tidak hati-hati maka orang tersebut akan sering mengalami kegagalan sehingga yang dialami adalah kebangkrutan. Biasanya kebangkrutan yang terjadi adalah karena akibat ditipu orang lain, atau bisa juga karena banyaknya pengeluaran yang tak terduga. Misalnya, karena kecelakaan, sakit, uangnya dipinjam orang tapi susah kembalinya, atau karena kesialan-kesialan lainnya. Artinya rejeki yang didapat mudah hilang kembali oleh karena faktor-faktor atau sebab-sebab tertentu.

  1. angka 5 memiliki firasat KEHORMATAN, Weton yang memiliki angka peruntungan 5 adalah orang yang hari lahirnya tepat pada hari
    RABU LEGI,
    SABTU PON dan
    JUM’AT WAGE

Artinya bahwa orang yang lahir tepat pada hari tersebut, menurut primbon jawa orang tersebut akan memperoleh ‘kehormatan’ artinya weton tersebut cenderung memperoleh derajat, kehormatan dan juga kewibawaan. Artinya bahwa pembawaannya memberi pengaruh terhadap orang lain, sehingga dihormati atau disegani. Oleh karenanya, yangterpenting adalah bisa memanfaatkan pengaruh terhadap orang lain ini untuk tujuan yang positif, sehingga diharapkan akan mudah tercapai apa yang dicita-citakan. Kendala mungkin ada, tapi selalu bisa diatasi.

  1. angka 6 memiliki firasat LANCAR, Weton yang memiliki angka peruntungan 6 adalah
    KAMIS WAGE,
    SABTU WAGE,
    MINGGU WAGE,
    SABTU KLIWON,
    JUM’AT LEGI dan
    SENIN WAGE.

Artinyabahwa orang yang lahir tepat pada hari tersebut, menurut primbon jawa orang tersebut akan‘lancar’ lancar disini bisa diartikan sebagai ‘tercapai tujuannya’, sehingga orang-orang dengan weton diatas umumnya jarang mengalami hambatan, dan lebih banyak memperoleh keselamatan dalam berusaha. Kendala mungkin ada tapi selalu bisa diatasi, dan meskipun hasilnya tidak selalu berlebihan tapi selalu berkecukupan. Oleh karenanya, yang lebih penting adalah harus selalu mensyukuri apa yang didapat dan tidak perlu khawatir kekurangan asalkan tetap mau berusaha.

  1. angka 7 memiliki firasat PEGAT ATAU CERAI, Weton yang memiliki angka peruntungan 7 adalah
    SENIN LEGI,
    RABU PON,
    KAMIS LEGI,
    SELASA LEGI,
    MINGGU LEGI, dan
    SABTU PAHING..

Artinya bahwa orang yang lahir tepat pada hari tersebut, menurut penanggalan tradisional Jawa orang tersebut akan ‘pegat atau cerai’ Pegat atau pisah berarti jauh rejeki/ jauh jodoh/susah cari kerja dan sebagainya. Kalau berkeluarga, cenderung kurang harmonis, mungkin disebabkan karena pekerjaannya yang jauh dari rumah, atau suami istri jarang ketemu karena kesibukan masing-masing. Selain itu, jika bekerja sering tidak betah dan inginnya keluar saja, sehingga kalau tidak hati-hati atau gegabah dalam membuat keputusan hidupnya bisa gagal berantakan. Maka, untuk orang-orang dengan weton tersebut diatas harus memiliki kemampuan mengendalikan diri yang sangat kuat dan sulalu berusaha untuk tidak emosional dalam menghadapi berbagai persoalan supaya hidupnya tetap selamat dan sejahtera meskipun mungkin tidak selalu berkelebihan.

3 Comments