petunjuk mengetahui jalannya watak tahun

apabila anda ingin mengetahui jalannya watak tahun untuk orang yang akan menanam sesuatu agar tanamannya tumbuh subur dan baik, maka ikutilah petunjuk sebagai berikut:

1. apabila tahun alif, maka hendaknya memulai menanam pada hari jum’at dengan sedekah nasi liwet dengan lauk pauk pecel gereh, sedangkan do’anya do,a arwah,penyakitnya bambang, obatnya jeruk gulung ditanam di pematang sawah.

2. apabila tahun Ha, maka hendaknya memulai menanam pada hari rabu, menanamnya dimulai dari sudut utara timur, sedekahnya nasi liwet dengan lauk pauk telur, gereh klotok dengan sambal jahe dan sayur menir, sedangkan doanya adalah doa kasah, penyakitnya sundep, obatnya kotoran kuda ditanam pada pematang sawah.

3. apabila tahun jim awal, maka hendaklah memulai menanam pada hari jumat dari arah selatan timurdan diakhiri pada arah barat, sedekahna nasi liwet dengan lauk pauk dadar telursedang doanya adalah doa selamat, penyakitnya burung, obatnya daun kadalan dan daun kadaya untuk ditancapkan pada pematang sawah.

4. apabila tahun za, maka hendaknya memulai menanam pada hari jumat dan arah barat dan diakhiri pada tengah-tengah persis, sedekahnya nasi puter dengan laukpauk pecel ayam, penyakitnya babi hutan, obatnya sekul bujeng wadang dibakar dengan terasi merah ditaruh pada pematang sawah.

5. apabila tahun dal maka hendaknya memulai menanam pada hari rabu, dimulai dari arah selatan barat, sedekahnya nasi liwet dengan lauk pauk ikan air tawar apa saja, sedangkan doanya adalah doa tolak bala, penyakitnya lodoh, obatnya abu di tanam pada pematang sawah.

6. apabila tahun ba, maka hendaknya memulai menanam pada hari rabu, dimulai dari arah selatan barat, sedekahnya nasi liwet dengan lauk pauk ikan air tawar disertai sayur-sayuran, sedang doanya adalah doa qunut, penyakitnya belalang, obatnya minyak ditaruh pada pematang sawah dan di bakarkan tanduk, berikut ini yang dibaca pada waktu akan menaruh barang barang tersebut, ” tumenggung gunung aja mangan pari iki panganen sekul tumpeng sundul langit”.

7. apabila tahun wawu, maka hendaklah memulai menanam pada hari kamis, dimulai dari arah selatan timur dan di akhiri pada tengah-tengah persis sedekahnya nasi liwet dan jajanan pasar dengan lauk pauk pecel gereh dengan diikat benang laweh serta jenang beras di tanam di pematang sawah. berikut ini azimat yang ditulis

8. apabila tahun jim akhir, maka hendaklah memulai menanam pada hari jumat, dimulai menanam dari tengah-tengah persis, sedekahnya nasi puli dengan lauk pauk gereh klotok, sedangkan doanya adalah doa arwah, penyakitnya hama lemah obatnya jeruk ditanam di pematang sawah.

Share on: