pengertian tentang neptu hari dan pasaran

neptu adalah sebuah rumus jawa untuk menentukan ramalan berdasarkan hari dan pasaran. sebagai manusia kita harus selalu berikhtiar, dalam menjalani kehidupan. orang dahulu dari tanah jawa membuat neptu hari dan pasaran yang ditulis ke dalam primbon untuk meramal perjalanan manusia. seperti orang hendak ke pasar maka dia harus mempersiapkan uang untuk belanja, membawa payung bila hujan, mengisi perut agar tidak lapar di jalan. begitu juga dengan perhitungan jawa ini, bahwasannya setiap tindakan semua ada hitungannya sedangkan segala bentuk ramalan mulai dari perjodohan ramalan kehidupan dasarnya adalah neptu hari dan pasaran.

mengapa neptu hari dan pasaran sangat penting? karena setiap perhitungan primbon jawa menggunakan neptu sebagai dasarnya. neptu juga menjadi tanda dalam setiap ramalan. setiap hari memiliki nilai dan setiap pasaran juga memiliki nilai yang bisa ditambahkan untuk berbagai hal.

neptu hari dan pasaran

A. Neptu Hari Ada tujuh
– minggu neptu harinya adalah 5
– senin neptu harinya adalah 4
– selasa neptu harinya adalah 3
– rabu neptu harinya adalah 7
– kamis neptu harinya adalah 8
– jum’at neptu harinya adalah 6
– sabtu neptu harinya adalah 9

B. Neptu Pasaran lima
– legi neptunya adalah 5
– pahing neptunya adalah 9
– pon neptunya adalah 7
– wage neptunya adalah 4
– kliwon neptunya adalah 8

C. Pertemuan Neptu Hari tujuh dan pasaran lima dijumlahkan

1. Minggu legi ; 5+5 = 10
Minggu pahing ; 5+9 = 14
Minggu Pon ; 5+7 = 12
Minggu Wage ; 5+4 = 9
Minggu Kliwon ; 4+8 = 13

2. Senin legi ; 4+5 = 9
Senin pahing ; 4+9 = 13
Senin Pon ; 4+7 = 11
Senin Wage ; 4+4 = 8
Senin Kliwon ; 4+8 = 12

3. Selasa legi ; 3+5 = 8
Selasa pahing ; 3+9 = 12
Selasa Pon ; 3+7 = 10
Selasa Wage ; 3+4 = 7
Selasa Kliwon ; 3+8 = 11

4. Rabu legi ; 7+5 = 12
Rabu pahing ; 7+9 = 16
Rabu Pon ; 7+7 = 14
Rabu Wage ; 7+4 = 11
Rabu Kliwon ; 7+8 = 15

2. Kamis legi ; 8+5 = 13
Kamis pahing ; 8+9 = 17
Kamis Pon ; 8+7 = 15
Kamis Wage ; 8+4 = 12
Kamis Kliwon ; 8+8 = 16

3. Jum’at legi ; 6+5 = 11
Jum’at pahing ; 6+9 = 15
Jum’at Pon ; 6+7 = 13
Jum’at Wage ; 6+4 = 10
Jum’at Kliwon ; 6+8 = 14

4. Sabtu legi ; 9+5 = 14
Sabtu pahing ; 9+9 = 18
Sabtu Pon ; 9+7 = 16
Sabtu Wage ; 9+4 = 13
Sabtu Kliwon ; 9+8 = 17

D. Pengaruh Neptu hari dan pasaran pada kelahiran manusia/ weton yang menjadi watak dan sifatnya.
1. jika anak lahir dan jumlah netu hari dan pasarannya dipertemukan dan menghasilkan 7 maka dinamakan JALANNYA BUMI, memiliki watak sempit , tidak pandai bergaul ( canggung dalam pergaulan ), sedikit teman dan orangnya kalau sudah besar akan malas bekerja dan tanggung jawabnya kurang terhadap wanita .
– cara menghindarinya atau melawan watak jeleknya adalah dengan menyebut asma Allah “ya yahma-nu ya rahi-mu” agar dapat dekat dengan Allah SWT.

2. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 8 maka disebut JALANNYA API, memiliki watak kurang baik, mudah tersinggung, panas hati, dengki bermuka masam, sering bertengkar karena bicaranya selalu tidak tepat akibatnya memiliki teman sedikit.
– cara menghindarinya dan melawan watak jeleknya dengan menyebut asma Allah “ya maliku ya Quddusu, ya rahmanu ya rahimu”/ sebanyak – banyaknya.

3. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 9 maka jalannya ARSY EMPAT , memiliki watak suka berpindah-pindah, suka makan enakdan bepergian, jika memiliki aji – aji tidak mujarabtetapi memiliki otak yang cerdas.
– cara menyelamatkannya dengan membaca asma Allah ” ya aliyu ya alimu, ya maliku ya quddusu” sebanyak banyaknya

4. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 10, jalannya ANGIN wataknya pendiam, berkepribadian tinggi , cerdas dan besar nafsunya, tindakannya sesuai dengan perkataannya . segala urusan dan pekerjaannya dapat mengatasinya namun sukar untuk diajak musyawarah.
– cara menghindari sifat jeleknya adalah dengan menyebut asma Alloh ” ya aliyyu ya alimu, ya rahmanu ya rahimu, ya kafi ya mughni”.

5. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 11 maka jalannya BUNGA berwatak pemberani, pemalu. jika punya barang sering dijual bahkan suka mengambil hak orang lain.
– cara menghindari sifat-sifat tercelanya adalah dengan menyebut asma Allah “ya maliku ya quddusu, ya rahmanu ya rahimu yakabiru ya mutakabiru kafi ya mughni”.

6. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 12 adalah jalannya syetan. berwatak nerimo, banyak orang senang baik laki maupun perempuan. banyak kepandaiannya dalam mencari pekerjaan akan tetapi sering kehilangan apabila sudah berumah tangga.
– cara menutupi kekurangannya maka harus menyebut Asma Allah “ya aliyu ya alimu, ya maliku ya quddusu ya rahmanu, ya rahimu ya kabiru ya mutakabiru” atau ya alimu ya muta’allimu”.

7. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 13 jalannya adalah bintang, wataknya ramah dan halus budi pekertinya , berteman dengan orang bai-baik.
– cara memelihara pemberian Allah harus selalu bersyukur dengan menyebut asma Allah “ya aliyu ya ‘alimu ya maliku ya quddusu ya ‘alimu ya muta’alimu ya khafi ya mughni ya fatahu ya alimu”

8. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 14 jalannya BULAN, memiliki watak loyal, pekerjaan selalu baik, sering bahagia, cerdas dan disegani orang, lemah hati tetapi pemalas akibatnya sulit menjadi orang kaya.
– cara supaya menjadi orang mulia, maka harus menyebut asma Allah “ya aliyu ya’alimu” atau “ya kabiru ya mutakabiru” atau ya kafi ya mughni”atau “ta fattahu ya ‘alimu”. baca sebanyak-banyaknya.

9. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 15 jalannya adalah MATAHARI, berwatak suka memerintah/ menyuruh tetapi tidak mau bekerja keras, keras bicaranya dan tidak betah lapar. banyak kenalan dan jika berumah tangga sering bertengkar.
– cara menghindari sifat – sifat tercelanya , maka harus banyak menyebut asma Allah “ya kabiru ya mutakabiru” atau ya ‘alimu ya muta’alimu” atau” ya kafi ya mughni”.

10. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 16 jalannya adalah AIR, memiliki watak lemah lebut , sopan banyak memaafkan , cita-citanya tercapai , jika marah tidak ada yang berani menghalangi, tapi akan diam jika digertak diam seribu bahasa.
– cara menghindari sifat tak terpujinya adalah dengan menyebut asma Allah ” ya kabiru ya mutakabiru”atau”ya alimu ya mutaalimu”atau”ya fatahu ya ‘alimu”.

11. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 17 maka jalannya BUMI. berwatak pendiam, pekerjaannya membahayakan, lambat tetapi nasehatnya di taati orang, sedikit kenalan, sering ditipu.
– caramenyelamatkannya menyebut asma Allah ” ya ‘alimu ya mutaalimuya fatahu ya alimu”.

12. jika anak lahir jumlah neptu hari dan pasaran dijumlahkan dan bertemu 18 maka jalannya API. memiliki watak panas hati, gertakannya menakutkan, dapat tantanganlawan, angkuh jika kaya.
– cara menghindari sifat tercelanya adalah perbanyaklah sebutan asma Allah “ya fatahu ya alimu”.

Share on: