pengertian jamu cekok jamu anak tradisi jawa

jamu cekok adalah jenis obat-obatan herbal yang terbuat dari rempah-rempah yang di haluskan/ ditumbuk kemudian di peras dan airnya langung dimasukan kedalam mulut anak – anak, tanpa menggunakan wadah atau gelas. oleh karena itu dinamakan cekok yang artinya di cekokan / di peras jamunya di depan mulut dengan kepala menghadap keatas sehingga air yang keluar dari rempah-rempah tadi langsung masuk kemulut.

jamu cekokan ini merupakan tradisi warisan leluhur jawa untuk mengobati segala penyakit yang sering menyerang pada anak-anak. dan sudah terbukti turun-temurun bahwa obet herbal ini sangat manjur dan mujarab. sehingga di daerah-daerah yang masih memegang erat budaya dan taradisi masih banyak yang memakai metode pengobatan jamu cekok ini.

namun sekarang ini jaman semakin maju dan modern, dikota-kota sudah jarang ditemukan, mungkin karena tidak ada yang bisa meramu racikan rempah-rempah untuk dibuat jamu cekokan sehingga sulit sekali mendapatkan jamu cekokan ketika dibutuhkan untuk anak-anak.

melalui situs ujare ini saya akan memberikan ramuan jamu cekokan yang berfungsi untuk berbagai keluhan dan penyakit pada anak, sehingga anda bisa membuatnya sendiri dirumah atau untuk dijual di daerah anda. silahkan anda pelajari dan coba, apabila ada nama rempah yang kurang paham bisa tanyakan di kolom komentar atau mencari referensi di internet. karena kadang lain daerah lain nama atau karena nama yang digunakan masih sebutan jaman dulu sehingga berbeda dengan nama yang sekarang.

kakek, nenek atau mungkin orang tua anda pasti pernah mendengar jamu cekok ini. tanyakan kepada mereka tentang khasiat dan hasilnya. agar anda bisa percaya dan mulai membuat untuk orang lain atau anak sendiri ketika dibutuhkan untuk pengobatan.

Share on:
[wp_show_posts id="5375" settings="taxonomy=category&tax_term=current"]