pengertian hypnotisme

hypnotisme adalah ilmu yang menggunakan sugesti untuk peniduran (sirep), ilmu ini juga sering disebut gendam. hypnotis sendiri berasal dari bahsa yunani yang berarti tidur. peniduran disini menutup semua kesadaran orang yang ditidurkan itu dan membuka bawah sadarnya, sehingga semua sugesti yang diterima olehnya dari orng yang menidurkan tadi itu semuanya dianggap baik dan harus dilaksanakan atau dilakukan dengan sungguh-sungguh.

pengertian hypnotisme

perlu diketahui bahwa manusia itu memiliki dua alam yaitu alam kesadaran dan alam bawah sadar. alam kesadaran adalah alam yang bersifat luar, dimana manusia itu sadar akan hidupnya, dapat melihat, mendengar, berjalan, berfikir sadar, mendengar dan sebagainya karena kesadaran ini berpusat pada otak besar. sedangkan alam bawah sadar adalah alam manusia yang bersifat dalam, semua yang di indera oleh otak sebagian besar tersimpan didalam alam bawah sadar , alam ini juga mengatur perkembangan tubuh manusia , denyut jantung, pencernaan dan lain-lainnya. tempat alam bawah sadar ini juga bisa disebut alam gaib, karena sebenarnya di sinilah tempat pengendali hidupnya seseorang.

betapa pentingnya kita untuk mempelajari sampai betul-betul mendalami dari alam bawah sadar seseorang, karena disitulah letaknya kunci untuk menuju jalan kedalam keadaan hypnotis. kalau anda sudah berhasil menutup alam kesadaran orang yang anda hyipnotis itu, kemudian anda dapat pula membuka alam bawah sadarnya , maka berarti anda telah berhasil untuk dapat menghypnotis (menidurkan) orang itu. kalau itu terjadi untuk pertama kalinya anda lakukan, maka ini merupakan suatu sukses yang pertama kalinya bagi anda (dalam praktek hypnotisme).

oleh sebab itu setelah anda mempelajari secara mendalam tentang hypnotisme ini, maka dengan keberanian dan kepercayaan pada diri sendiri, tidak malu dan tidak canggung-canggung serta mantap, praktekanlah dengan segera semua keterangan-keterangan yang telah saya sampaikan ini. di awal tadi telah saya terangkan bahwa hypnotisme adalah ilmu yang memiliki tentang cara-cara menidurkan orang, pada waktu orang tersebut dalam keadaan sadar. tidur karena pengaruh hypnotisme sangat berbeda dengan tidur biasa yang kita alami setiap hari danlam kehidupan kita. dalam tidur biasa itu, orang sudah tidak ingat lagi akan diriny, juga perasaannya tidak mendengar apa-apalagitentang keadaan yang terjadi di sekitarnya. tetapi tidaklah demikian halnya dengan orang-orang yang tidur karena pengaruh hypnotis.

orang yang tidur karena hypnotisme masih dapat melakukan gerak badannya , masih mendengar akan semua kata-kata yang diucapkan oleh orang yang menghypnotisnya, semua perintah-perintah yang diucapkan oleh orang yang menghipnotiseur pasti akan dituruti oleh suyet. ( suyet adalah orang yang sedang dalam pengaruh hipnotis), bahkan tidak jarang orang yang tidur karena pengaruh hipnotis itu masih mampu untuk mengeluarkan kekuatan badannya yang hebat diluar kemampuan nya sendiri. jadi disinilah letak perbedaan antara tidur biasa dengan tidur karena pengaruh hipnotis.

sebenarnya orang yang tidur karena hipnotis itu bangun, berarti ia sadar akan dirinya , tetapi karena pengaruh dan kekuasaanserta kekuasaan sugesti (pengaruh) dari hipnotiseur adalah demikian hebatnya, mengakibatkan suyet tidak dapat berbuat apa-apa kecuali hanya tunduk dan menurut pada sugesti. karena suyet telah berada penuh dibawah pengaruhserta kekuatan hipnotisme, maka dari itulah suyet tidak dapat melawan atau menolak saran-saran atau sugesti yang di berikan kepadanya, semua sugesti yang diterimanya tadi dianggap sebagai salah satu hal yang baik dan paling berharga untuk dirinya, begitu pula tentang tata cara untuk membangunkan suyet tak ada seorangpun yang bisa membangunkannya kecuali orang yang menidurkan tadi.

Leave a Reply