pengertian dan sejarah molimo dalam adat jawa

jika anda orang jawa tentu sudah tidak asing dengan istilah molimo, dmenurut sejarahnya molimo merupakan sebuah ajaran atau aturan yang dibuat oleh salah satu wali songo yakni sunan ampel. molimo dibuat untuk memperbaiki akhlak masyarakat yang saat itu banyak yang tidak memiliki pendirian dan suka menyimpang dari ajaran-ajaran agama.

pengertian dan sejarah molimo dalam adat jawa

molimo merupakan sebuah singkatan dari 5 kata yang digunakan untuk pedoman dalam menjalani kehidupan, yang harus di hindari karena di nyatakan sebagai perbuatan yang melanggar agama, norma dan aturan. molimo merupakan istilah dari leluhur di adat jawa yang dibuat untuk mengatur umat manusia di tanah jawa saat itu, sehingga sampai sekarang para sesepuh maupun orang tua selalu berpesan kepada anaknya agar senantiasa menjauhi molimo tersebut.

molimo pada awalnya adalah singkatan dari kata moh lima ( moh=tidak mau, limo=lima) jadi artinya lima kata yang digunakan untuk batasan agar di hindari, yakni moh main (tidak mau main), moh ngombe (tidak mau minum-minuman kera), moh maling (tidak mau mencuri), moh madat (tidak mau menggunakan candu seperti narkoba), moh madon (tidak mau bermain perempuan).

biasanya orang tua kita selalu berpesan “Tinggalno Molimo, le ! ben uripmu kepenak !”. artinya agar kita menjauhi atau yang sudah terlanjur agar meninggalkan molimo diatas agar hidupnya bahagia dan tentram, baik didunia maupun kelak di akhirat. meskipun pada dasarnya pesan molimo lebih dikhususkan kepada laki-laki namun sekarang perempuan juga banyak yang melakukan tindakan molimo, sehingga pesan molimo tidak lagi hanya untuk laki-laki tetapi juga untuk para wanita.

akhirnya ajaran molimo disempurnakan lagi, agar mudah dipahami dan di mengerti untuk dilaksanakan oleh anak, cucu dan generasi penerusnya dengan molimo berikut:

  1. Madat
    Yang artinya tidak mau mengisap candu atau penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang dilarang oleh ajaran Agama dan menyalahi aturan undang-undang.
  2. Madon
    Yang artinya tidak mau bermain perempuan, madon adalah istilah untuk wanita yaitu wadon, sedangkan penambahan m di depan memberikan arti bermain. oleh karena itu di artikan bermain perempuan, dan hal ini yang wajib dihindari oleh para lelaki. namun demikian sekarang ini bukan hanya kaum pria yang bermain wanita, namun perempuan juga banyak yang suka bermain laki-laki sehingga istilah molimo bisa digunakan untuk menasehati kaum wanita dengan mengganti istilah madon menjadi maki atau suka main laki-laki.
  3. Mabuk
    Yang artinya tidak boleh minum minuman keras atau hal yang memabukkan, karena mabuk juga sangat dilarang oleh agama dan bisa menjadikan rusaknya akhlak dan hancurnya kehidupan berumah tangga.
  4. Maling
    Yang artinya tidak mau mencuri, mengambil barang yang bukan haknya. perbuatan ini sangat tidak di sukai oleh Allah SWT, dilarang dalam agama dan undang-undang negara.
  5. Main
    Main disini di istilahkan dengan bermain judi, dalam bentuk apapun. main juga merupakan perbuatan hina yang menyimpang dari ajaran agama. selain mengikuti ajakan setan juga perbuatan ini dapat membuat hancurnya kehidupan anda.

semoga penjelasan saya ini bermanfaat bagi anda, yang ingin hidup mulia, tentram, dinamis serta bahagia dunia dan akhirat. kata molimo dibuat untuk menggampangkan dan mudah diingat oleh orang-orang, yang mencakup aturan 5 perbuatan yang dilarang baik agama maupun larangan pemerintah.

Leave a Reply