pedoman membangun rumah berdasarkan bulan jawa dan hijriah

Setiap manusia tentu akan memikirkan hunian untuk membina rumah tangganya kelak, karena tidak mungkin jika anda sudah berkeluarga selamanya masih juga menumpang dengan orang tua ataupun mertua. oleh karena itu orang yang telah dipersatukan hendaknya membina rumah tangganya agar bisa belajar mandiri dan mampu menata arah kedapan. berdasarkan hitungan primbon, bahwasannya membangun rumah tidak bisa sembarangan memilih hari ataupun bulan, karena tiap-tiap bulan memiliki sifat masing-masing. ada yang membawa kebaikan dan ada juga yang membawa keburukan bagi penghuni rumahnya kelak.

pedoman membangun rumah berdasarkan bulan jawa dan hijriah

dahului setiap orang yang hendak membangun rumah pasti akan bertanya kepada orang tua atau sesepuh di kampung yang paham akan hitungan jawa atau primbon kuno untuk menentukan kapan mulai membangun rumah yang baik berdasarkan bulan jawa atau tanggalan. namun seiring waktu banyak para sesepuh yang telah mendahului kita, selain itu kurangnya perhatian terhadap perhitungan primbon jaman dahulu sehingga susah untuk meminta tanggal peruntungan guna mendirikan rumah, apalagi jika anda hendak memabangun rumah di perantauan tentu susah sekali mencari orang yang bisa menghitung pedoman tentang mendirikan rumah. namun anda tidak perlu bingung mencari, saya memberikan pedoman membangun rumah ini semoga bermanfaat bagi kebahagiaan dan kesuksesan rumah tangga anda.

berikut pedoman membangun rumah berdasarkan bulan jawa:

1. jika anda membangun rumah pada bulan Muharram (sura), alamatnya susah hati. jika sakit sulit untuk di obati dan juga lama sembuhnya, apabila berdagang tidak mendapatkan untung. bertengkar selalu kalah, dalam pertemanan juga sedikit serta umurnya pendek.

2. jika membangun rumah pada bulan safar, alamatnya jika sakit cepat sembuh karena jauh dari ajal. apabila berdagang cepat mendapatkan untung, jika hendak bertani atau bercocok tanam sebaiknya ambil bagian yang tengah.

3. jika anda membangun rumah pada bulan rabiul awal (mulud), alamat kehidupannya akan susah, susah hati dan susah mencari rejeki. sering terjadi pertengkaran dan tertimpa penyakit, salah satu diantaranya akan mati.

4. jika membangun rumah pada bulan rabiul akhir (bakda mulud), alamatnya bagus karena sering mendapatkan uang namun sering juga menerima kerugian jika tidak berhati-hati. jika bertanam lekas tumbuh dan apa yang di cita-citakan lekas tercapai, jika berdagang cepat laku dan segala pekerjaannya selalu dilindungi oleh Allah ta’ala.

5. jika membangun rumah pada bulan jumadil awal, alamatnya banyak perihatinnya dan sedikit bahagianya. jika bertengkar sering mengalami kekalahan. upaya yang sudah direncanakan sering tidak berhasil. jika bertanam berhasil namun rezekinya sedikit.

6. jika membangun rumah pada bulan jumadil akhir, alamatnya banyak / besar dermanya, murah rezekinya, tetapi selalu mndapat gangguan dari tetangganya yang berbuat dursila yang mengakibatkan susah hati.

7. jika membangun rumah pada bulan rajab (rajeb), alamatnya mendapat bahagia dan perihatin karena kehilangan kekasih

8. jika membangun rumah pada bulan sya’ban (ruwah), alamatnya banyak mendapatkan rezeki halal, banyak orang yang memberi pelajaran ilmu yang benar, banyak orang merasa segan kepadanya, segala yang dikehendaki dikabulkan oleh Allah, selamat dunia akhirat serta memperoleh anak yang bagus , cerdas dan patuh terhadap nasehat orang tua.

9. jika membangun rumah pada bulan romadhon (pasa), alamatnya sering kehilangan harta benda dan sering melanggar perintah Allah serta banyak musuhnya.

10. jika membangun rumah pada bulan syawal, maka alamatnya hidupnya selalu dimusuhi orang meskipun dia berusaha berbuta baik hingga matinya orang tersebut karena fitnah

11. jika membangun rumah pada bulan Dzul qa’dah (sela), maka alamatnya akan memperoleh harta yang berlimpah akan tetapi lekas habis karena tidak bisa memanfaatkannya serta mendapat tuduhan yang buruk dari para tetangganya.

12. jika membangun rumah pada bulan Dzulkahijjah (besar), maka alamatnya akan medapat kebahagiaan serta kesuksesan dari pengetahuannya, akan tetapi jika tidak pandai memanfaatkan maka akan berakhir pada kerugian yang besar. jika bercocok tanam sebaiknya memilih tanaman jenis sayuran. jika berdagan banyak mendapat keuntungan.