pal yama hitungan jawa

dalam hitungan jawa ada istilah pal yama, pal yama adalah hitungan untuk mengetahui kebaikan dan keburukan nasib pada tiap tingkatan 12 tahun yang diketahui melalui weton kelahiran manusia. dalam primbon jawa di terangkan bahwa setiap manusia akan berganti nasib pada tiap kelipatan usia 12 tahun oleh karena itu perjalanan seseorang mengalami pasang surut nasib sesuai apa yang terjadi pada ramalan pal yama.

untuk mengetahuinya maka anda harus mencari neptu weton kelahiran terlebih dahulu, lalu jumlah weton tersebut di cocokan dengan tabel berikut ini.

jumlah neptu wetonkapisan
usia 12
kapindo
usia 24
katelu
usia 36
kapapat
usia 48
kalima
usia 60
7hajarwalinabisunanpandhita
8walinabisunanpandhitahajar
9sunanwalinabihajarpandhita
10sunanwalinabipandhitahajar
11pandhitasunanhajarwalinabi
12pandhitahajarwalinabisunan
13pandhitahajarwalinabisunan
14hajarnabiwalisunanpandhita
15sunannabipandhitawalihajar
16pandhitahajarwalinabisunan
17hajarpandhitasunannabiwali
18pandhitanabisunanhajarwali

berdasarkan tabel di atas, nasib yang baik adalah yang jatuh pada sunan dan pandhita. sedangkan nasib buruk atau kurang baik apabila jatuh pada hitungan hajar, nabi dan wali. cara mengetahuinya adalah jumlah neptu weton anda seumpama 7 maka pada usia dari 12 hingga 24 akan mengalami hajar yaitui nasib baik. selanjutnya menginjak pada hitungan kapindho yaitu jatuh pada wali yakni usia 24 hingga 36 juga mengalami nasib baik. dan begitu selanjutnya sampai hitungan kalima yaitu usia 60 tahun.

meski ada nasib baik dan buruk dalam tingkatan usia manusia, maka orang-orang jaman dahulu membuat persembahan sesaji guna memberkati dan menangkal nasib-nasib buruk yang akan menimpa sehingga bisa dilalui dengan baik tanpa ada musibah yang berarti.

apabila anda mendapatkan nasib baik maka sebaiknya membuat selamatan untuk persembahan dengan membuat nasi tumpeng 2, masak ayam 2 ekor yang warna putih.lalu cekernya di tambah kacang klotokan dibuat kuluban menggunakan lembaran gereh dikasih sambeal gepeng. kemudian untuk sesajinya menyan 3 tail dan bunga 8 warna.

apabila anda mendapatkan nasib buruk pada hitungan pal yama diatas maka persembahannya membuat tumpeng 2 dan ingkung bebek putih 2.ayam prumbun dan pelas terik. sebagai tulak bala.

Share on: