Misteri tentang Mujarobat

MUJAROBAT adalah ilmu pengobatan pada jaman dahulu, yang masuk dalam bagian dari primbon. mujarobat berasal dari dua kata yaitu mujarab dan obat, yang diartikan sebagai obat mujarab. mujarobat sendiri merupakan sebuah ramuan alam yang dipadukan dengan doa-doa dari agama islam.

Misteri tentang Mujarobat

mujarobat awalnya dikenal sebagai pengobatan dari kejawen, karena asal muasal ilmu mujarobat dari tanah jawa yang berkembang hingga keseluruh nusantara. berbeda dengan ahli pengobatan di tempat lain atau agama lain yakni seperti tabib, dukun, kyai. ahli mujarobat biasanya di sebut sebagai istilah orang tua. oleh karena itu tidak heran jika di tanah jawa sampai sekarang ini apabila ada anak yang rewel atau sakit tidak lazim maka untuk dibawa ke orang tua (maksud orang tua disini adalah orang pintar yang menguasai ilmu mujarobat) untuk minta tamba/ obat.

ilmu mujarobat sudah dikenal sejak jaman dahulu, ketika ilmu medis belum ada, obat-obatan kimia juga belum dikenal, dokter, bidan dan mantri belum ada juga. yang ada adalah tertua adat, dukun, kyai, atau sesepuh yang sudah berpengalaman menyembuhkan dan mengobati berbagai penyakit dengan berbagai ritual dan doa.

mujarobat juga disebut sebagai pengobatan tradisional atau herbal, karena menggunakan bahan-bahan dari alam seperti daun, biji, tumbuhan, akar yang di padu dengan mantra atau doa. namun tidak hanya itu saja syarat penyebuhan mujarobat ini, melainkan menggunakan hitungan jawa, yakni dengan menghitung jumlah weton dan nama orang yg menderita sakit untuk mengetahui darimana datangnya sakit dan obatnya.

dalam hitungan jawa mencari tamba/obat serta asal muasal penyakit berdasarkan primbon mujarobat ini ada 6 unsur yang mempengaruhi kondisi manusia. karena setelah di ketahui asal penyakit tersebut baru bisa di ketahui obat nya. caranya adalah dengan menjumlahkan neptu kelahiran yang sakit/ weton kemudian di tambahkan dengan jumlah hitungan nama yang menderita. setelah didapatkan kemudian di bagi menjadi 6 lalu sisanya di cocokan dengan unsur dibawah ini.

berikut unsur yang mendasari tentang kesehatan dan asal penyakit pada manusia.
1.Sakitnya datang dari malaikat
Tamba atau obatnya adalah daun kempul dengan di bacakan sholawat tujuh kali insya Allah lekas sembuh
2Sakitnya datang dari hamba/diri sendiri misal pernah sumpah atau berkata yg tdk baik
Tamba atau obatnya adalah ramuan kayu pule insya Allah lekas sembuh
3Sakitnya datang dari orang tuanya /kualat
Tamba atau obatnya adalah memohon ampunan atau bertaubat.
4Sakitnya datang dari teman sebayanya sendiri /guna2 teluh santet dll
Tamba atau obatnya daun kelor insya Allah lekas sembuh..!
5Sakitnya datang dari tempat angker /gangguan makluk halus
Tamba atau obatnya daun simbukan insya Allah lekas sembuh
6.Sakitnya datang dari Tuhan
Tamba atau obatnya adalah sabar, ihkas, dan menerima.

demikian penjelasan dari saya tentang asal usul ilmu mujarobat, yang sudah dikenal turun-temurun dalam hal pengobatan tradisional maupun pengobatan gaib.

Leave a Reply