mencari hari baik pindah rumah menurut primbon jawa

dalam adat jawa diterangkan bahwa melaksanakan pindahan rumah harus melalui hitungan. karena dengan cara dihitung neptunya akan didapatkan hari yang baik sehingga kelak jika ditempati membawa berkah dan rezeki yang besar. namun apabila tidak dihitung, dikhawatirkan akan bertepatan dengan hari naas, sehingga kelak akan menyesarakan yang menempati rumah hingga bilahinya sampai memakan nyawa.

para leluhur jawa membuat hitungan untuk pindah rumah yang di tuliskan dalam sebuah buku primbon, berharap bisa dipelajari dan di laksanakan oleh anak cucu dan generasi selanjutnya, sehingga diharapkan kelak mereka semua akan selamat menghindari kesialan karena salah memilih hari untuk melaksanakan boyongan omah/ pindah rumah.

meski biasanya orang yang akan melakukan pindah rumah harus menemui tertua adat untuk membantu mencarikan hari baik, namun sekarang saya memberikan penjelasan secara singkat agar anda sendiri juga bisa meramal masa depan untuk rumah yang akan dipindahkan melalui hitungan mencari hari baik pindah rumah/tempat tinggal. daftar yang akan saya jelaskan mudah dipahami sehingga anda bisa langsung mengerti, karena hitungan ini bisa digunakan oleh siapa saja meskipun bukan orang jawa.

dalam daftar hari baik ada 6 watak hari yang mempengaruhi firasat untuk mempedomani orang yang akan melakukan pindahan. yaitu pitutur, demangkandhuwur, satriyapinayungan,mantrisinaroja, macanketawang, nujupati. apa saja artinya berikut saya jelaskan.

  1. “pitutur ” dalam bahsa indonesia adalah perkataan artinya akan banyak permasalahan dalam rumah tangga yang tidak ada habisnya, sehingga nantinya orang yang menempati rumah tersebut akan mendapatkan masalah baik dari dalam maupun dari luar atau orang lain.
  2. “demang kan dhuwur” dalam bahasa indonesia pejabat yang tinggi artinya keluarga yang menepati rumah dengan firasat ini akan tertimpa penyakit yang tidak kunjung sembuh atau sering terkena sakit berganti-ganti. sehingga harta sebanyak apapun akan habis untuk berobat. jauh dari kebahagiaan.
  3. “satriya pinayungan” dalam bahasa indonesia ksatria memakai payung artinya akan mendapatkan keselamatan dan keberkahan dalam rumah tangga.
  4. “mantri sinaroja” dalam bahasa indonesia dokter yang berkunjung untuk melayat, artinya akan disukai dan di segani banyak orang, tetangga, keluarga dan teman-teman.
  5. “macan ketawang” dalam bahasa indonesia adalah harimau yang ke langit, artinya sering cekcok dalam rumah tangga, masalah kecil masalah besar selalu di bahas menjadi perkara tidak ada yang mengalah sehingga tidak bahagia.
  6. “nujupati” dalam bahasa indonesia menuju kemataian artinya khidupan rumah tangga anda kelak setelah menepati rumah sering berduka. bisa datang dari keluarga atau dalam rumah itu sendiri.

kemudian untuk menentukannya guna melakukan pindahan rumah, maka cari hari baik diantara 6 firasat diatas. seperti kita ketahui ada 4 firasat buruk dan 2 firasat baik yang mewakili sebagai hari baik. jaka anda akan melakukan pindah rumah hari ini contoh senin kliwon maka yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

senin kliwon akan kita cari neptunya. maka hari yang akan anda gunakan untuk memulai harus dihitung hari dan pasarannya untuk mencari jumlah neptunya. untuk neptu hari dan pasaran sebagai adalah jumat(1), sabtu (2), minggu (3), senin (4), selasa (5), rabu (6), kamis (7) sedangkan pasarannya kliwon (1), legi (2), pahing (3), pon (4), wage (5). maka dari itu senin kliwon neptunya 4 +1 = 5. angka 5 yang didapat ini cocokan dengan daftar firasat hari baik dan buruk pindah rumah diatas jatuh pada firasat “MACAN KETAWANG” .

“macan ketawang” dari artinya saja kita sudah tau bahwa akan sering terjadi perselisihan dalam rumah tangga, lebih tepatnya bahwa hari tersebut tidak cocok atau bukan merupakan hari bagus. lalu apa yang dilakukan setelah itu cari hari yang ada sesudahnya atau sebelumnya, yang pastinya setelah dijumlahkan neptunya ketemu hari yang bagus. seumpama hari sesudahnya selasa legi jumlah neptu 7 juga kurang bagus, maka cari lagi hari lainnya contoh rabu pahing jumlah neptu 9 kita cocokan dalam daftar diatas masuk ke firasat “SATRIYA PINAYUNGAN” hidup anda akan di segani dan disukai banyak orang.

semoga penjelasan saya ini bermanfaat, seandainya anda tidak paham dan bingung silahkan ajukan pertanyaan dalam kolom komentar. terimakasih

Share on: