mencari hari baik menanam padi

ternyata orang jaman dahulu, dalam melakukan segala sesuatu selalu di perhitungkan. tidak sembarangan dalam setiap bertindak, apalagi yang berhubungan dengan kerezekian. mereka percaya bahwa apabila salah dalam mengambil waktu/ hari bagus maka kerugian dan kesialan akan menghampiri manusia. salah satunya adalah petani dalam menanam padi. mereka tidak sembarangan memilih hari untuk menanam padi, meskipun pada hakekatnya padi ketika di letakan di lumpur akan tumbuh, namun kita tidak tahu apakah tumbuhnya subur atau tidak, berbuah atau tidak serta bisa panen atau dimakan hama. banyak sekali halangan dan rintangan yang dipikirkan, oleh karena itu mereka selalu membuat hitungan-hitungan yang sudah di percaya turun temurun.

mencari hari baik menanam padi

hitungan mencari hari baik menanam padi ini berasal dari primbon jawa yang di buat oleh nenek moyang jaman dahulu untuk di wariskan kepada generasi penerusnya. membuat hitungan menanam padi tidaklah sulit, hanya anda harus tahu hari dan pasaran jawa. untuk melihatnya ada di kalender jawa, jika anda tidak memiliki silahkan liat kalender jawa disini.

Menanam padi bagi masyarakat Jawa adalah sesuatu yang sakral. Dalam menanam harus menentukan hari yang tepat sesuai perhitungan Jawa. Patokan yang dipakai adalah hari dan pasaran. sedangkan setiap hari dan pasaran memiliki neptu yaitu:
senin = 4
selasa = 3
rabu = 7
kamis = 8
jumat = 6
sabtu = 9
minggu = 5

legi = 5
pahing = 9
pon = 7
wage = 4
kliwon = 8

sedangkan patokan dalam menanam benih padi firasatnya adalah:
1.Oyot = akar
2.Wit = Batang
3.Godong = Daun
4.Woh = Buah

setelah anda melihat neptu hari pasaran diatas dan patokan, maka yang pertama anda ketahui adalah apa yang akan diambil dari apa yang ditanamnya tersebut, kemudian baru menentukan hari dimana akan digunakan untuk menanam.

padi adalah tumbuhan yang akan diambil buahnya, oleh karena itu cari hari yang firasatnya jatuh pada buah/ woh. buah memiliki nilai 4 oleh karena itu hari yang baik untuk menenam padi adalah hari yang memiliki pasaran jika dijumlahkan bernilai 4. contoh senin wage, senin =4 dan wage =4 jika di jumlahkan = 8 alalu di bagi 4 sisa 4 maka jatuh pada nilai 4 yang artinya buah. selain senin wage juga banyak hari yang jatuh pada firasat woh/ buah, silahkan cari sendiri dengan hitungan yang sudah saya sampaikan.

Leave a Reply