mencari bulan baik untuk menikah

Seperti yang tertulis di buku primbon, bahwasannya tiap-tiap bulan memiliki arti berlainan untuk pernikahan yang berdampak pada kelangsungan kehidupan rumah tangga nantinya, mulai dari kewibawaan, kesuksesan, kebahagiaan, kesengsaraan hingga kematian. untuk itu dalam tiap kalender anda harus mengetahui bulan baik untuk menikah. mencari bulan baik untuk menikah menurut islam bahwasannya dikatakan melalui Nabi Muhammad SAW ” wahai umatku, yang beriman, jika kamu melangsungkan pernikahan / pernikahan , maka langsungkanlah pada bulan yang baik jangan yang jelek”.

pada jaman dulu seseorang yang hendak melangsungkan perkawinan selalu mendatangi para sesepuh yang tau hitungan hari pernikahan guna mencari bulan baik untuk menikah. mereka percaya bahwa dengan mengikuti pedoman hitungan hari baik pernikahan bisa menuju kebahagiaan dan kesuksesan serta kelanggengan dalam membina rumah tangga nantinya, karena setiap manusia menginginkan hal terbaik dalam hidupnya. oleh karena itu penting sekali untuk melangsungkan pernikahan harus berpedoman pada kalender pernikahan yang telah ditetapkan oleh para sesepuh jaman dulu.

berikut pedoman bulan baik untuk menikah beserta firasat yang akan anda alami jika melangsungkan pernikahan sesuai bulan yang berada di bawah ini.

1. jika melakukan pernikahan/ perkawinan dalam bulan Muharram, maka alamat yang akan anda terima nantinya setelah membina rumah tangga adalah akan terjadi perebutan kasih sayang maupun perebutan harta diantara keduanya yang diakibatkan baik dari pihak keluarga maupun pihak orang lain.

2. jika melangsungkan pernikahan/ perkawinan pada bulan safar, maka alamat yang terjadi dalam kehidupan rumah tangga nantinya adalah timbulnya banyak hutang (dililit hutang yang tiada habisnya).

3. jika melangsungkan pernikahan/ perkawinan pada bulan Rabiul awal, maka alamat nya jelek yang terjadi jika di langgar adalah akan dipisahkan oleh ajal, yakni salah satu pasangan tidak lama setelah menikah akan mati.

4. jika melangsungkan pernikahan/ perkawinan pada rabiul akhir, maka alamatnya juga jelek yakni jika tetap dilakukan akan timbul perselisihan, pertengkaran yang akan berdampak pada perceraian selain itu juga kehidupan rumah tangganya akan mengalami banyak masalah sehingga jauh dari kebahagiaan.

5. jika melangsungkan pernikahan/ perkawinan pada bulan jumadil awal, maka alamat yang terjadi adalah buruk yaitu setiap melakukan usaha berdagang atau bertanam selalu mendapat kerugian, rejeki kurang serta jauh dari kesuksesan.

6. jika melangsungkan pernikahan/ perkawinan pada bulan jumadil akhir, alamatnya baik. artinya jika anda menggunakan bulan ini untuk menikah maka akan mendapat harta yang tidak disangka-sangka serta kehidupan rumah tangganya aman dan tentram.

7. jika melangsungkan pernikahan/ perkawinan pada bulan Rajab, alamatnya juga baik. karena dalam kehidupan rumah tangga nantinya akan diberikan karunia berupa anak yang banyak.

8. jika melangsungkan pernikahan/ perkawinan pada bulan sya’ban, merupakan bulan baik unuk menikah yakni jika dipilih maka dalam kehidupan rumah tangga nantinya akan mendapat suatu kebahagiaan, ketentraman dan kenyamanan.

9. jika memilih bulan pernikahan pada bulan ramadhan, maka memiliki firasat kurang bagus, yakni akan timbul banyak kebencian dari orang lain baik keluarga maupun tetangga, sehingga menjadi permasalahan dalam menuju kebahagiaan rumah tangga.

10. jika memilih bulan pernikahan pada bulan syawal maka yang terjadi pada kehidupan rumah tangga anda akan timbul banyak hutang sehingga hidup dalam ketidak nyamanan karena terlilit hutang yang tidak ada hentinya.

11. jika memilih bulan Dzul Qa’idah untuk pernikahan maka alamat yang terjadi adalah akan mendapat kebahagiaan dan keselamatan, serta usaha yang dilakukan selalu berhasil dan sukses.

12. jika memilih bulan Dzul Hijjah untuk menikah maka alamat yang terjadi pada kehidupan rumah tangga nantinya adalah akan mendapatkan cobaan yang besar, keluarga selalu di timpa sakit-sakitan.

sedangkan jika menentukan hari baik untuk menikah, maka saya sarankan agar memilih hari jum’at sebagai hari untuk ijab qabul. karena para Nabi dan wali melangsungkan pernikahan di hari Jum’at, seperti sabda Rasulullah SAW “melangsungkan pernikahan yang paling bagus/ utama adalah hari jumat”. semoga dengan pengetahuan ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih bulan baik untuk menikah agar terhindar dari segala sesuatu yang mengakibatkan permasalahan dalam kehidupan rumah tangga nantinya.

Share on: