memilih tempat yang cocok untuk tinggal

apakah anda yakin bahwa tempat yang anda tempati sekarang ini cocok dengan diri anda. karena berdasarkan para leluhur bahwasannya tempat tinggal harus sesuai dengan yang menempati. apabila tidak cocok maka akan membawa firasat buruk bagi kehidupannya. seperti kesusahan, melarat, sakit-sakitan bahkan jauh dari kesuksesan. oleh karena itu dalam primbon jawa di jelaskan tentang memilih tempat tinggal yang cocok ada hitungannya. baik desa, kampung ataupun kota harus serasi dengan orang yang menempati.

dengan demikian bahwasannya tidak semua tempat yang ada di daerah maupun perkotaan akan cocok oleh anda untuk ditinggali. oleh karena itu banyak orang yang merasa ketika tinggal tidak merasakan kenyamanan, kebahagiaan, ketentraman meskipun harta melimpah atau hubungan keluarga baik-baik saja. hal tersebut didasari karena ketidak cocokan desa atau kampung yang anda tinggali meskipun anda membuat rumah semewah mungkin namun dalam kehidupan sehari-hari tidak merasakan kenyamanan. selalu gelisah, seperti ada sesuatu yang selalu mengganggu perasaannya.

pernah pada suatu hari ada seseorang bertanya kepada saya, menanyakan hal ini. oleh karena itu saya buat artikel ini karena menurut saya penting sekali agar anda bisa belajar dan tahu dimana anda bisa tinggal bersama keluarga agar merasakan kenikmatan hidup dengan nyaman. jadi begini pertanyaanya, “sudah sekitar 5 tahun saya tinggal di sebuah desa A, rumah saya rasa sudah sangat bagus, kehidupan saya dan pasangan bahagia pada awalnya dan tidak ada masalah, anak juga sehat2. pekerjaan juga lancar waktu itu dengan gaji yang lumayan besar sehingga kami tergolong keluarga mampu. namun entah kenapa sejak saya tinggal dirumah tersebut perasaan saya seperti tidak nyaman, akhir-akhir ini sering kami cekcok walaupun masalah sepele, anak juga sering sakit. dalam pekerjaan atasan selalu menegur saya padahal saya sudah bekerja maksimal seperti sebelumnya. apakah karena ini rumah yang saya tempati tidak cocok atau bagaimana, karena pernah saya bertanya pada orang pintar di kampung saya dan dihitung weton saya kemudian kapan saya pindah semua mengatakan sudah bagus dan tidak melanggar pantangan, tapi mengapa demikian?” begitulah kira-kira pertanyaannya.

jadi setelah saya cari satu-satu permasalahannya bukan masalah hadap rumahnya yang salah, bukan waktu menempatinya yang tidak pas dan juga bukan karena perjodohannya yang tidak cocok. akan tetapi desa yang dia tempati tidak cocok dengan dia dan keluarganya. kemudian bagaiman cara mengatasinya, jalan satu-satunya adalah dia harus pindah dari tempat itu. ada juga alternatif lain dengan cara mengganti nama anda atau mengganti kepemilikan rumah menjadi pasangan anda atau anak anda. namun ini perlu adanya ritual dan acara selamatan.

mungkin pembaca pernah mendengar dalam adat jawa, apabila seseorang menikah maka mempelai pria akan diberi nama tua. contoh sebelum menikah namanya bagas setelah menikah di berikan nama tuanya menjadi hadi atau muhamad atau yang lain. meskipun nama tua kadang tidak digunakan dalam sehari-hari atau untuk merubah identitas akan tetapi nama tersebut sangat penting bagi tiap hitungan adat jawa. salah satu tujuannya adalah hal tersebut ketika nanti menempati desa atau kampung tersebut bisa sesua dan membawa rezeki yang melimpah.

baiklah sekarang saya akan memberi cara bagaiman anda menentukan tempat tinggal yang cocok dan membawa heng atau rejeki dan kebahagiaan. apabila anda sudah terlanjur tinggal disuatu tempat bisa saja mencocokan dengan metode ini. karena tidak ada salahnya mencoba untuk mengetahui keberuntungan anda di tempat tersebut.

caranya adalah dengan menghitung nama anda dengan nama desa atau kampung yang anda tinggali atau mau ditempati. contoh nama anda adalah handoko tinggal di desa parangtritis.
berikut cara menghitungnya menggunakan aksara jawa, namun saya langsung tuliskan latinya bukan aksara jawanya agar mudah di pahami dan dimengerti bagi yang tidak bisa membaca huruf jawa:
ha=1, na=2, ca=3, ra=4, ka=5,
da=6, ta=7, sa=8. wa=9, la=10,
pa=11, dha=12, ja=13, ya=14, nya=15
ma=16, ga=17, ba=18, tha=19, nga=20

setelah kita tahu abjad aksara jawa tersebut, sekarang menghitung neptu dari nama anda dan desa. masing-masing ambil suku kata paling depan yaitu handoko = “ha”, dan parangtritis = “pa” sesuai angka yang di atas maka ha=1 dan pa=11. kemudian dijumlahkan lalu di bagi 5 sisanya dicocokan dengan 5 firasat dibawah ini.
1.sonya artinya tidak punya rezeki atau jauh dari keberuntungan
2.antaka artinya sering mendapat kesusahan
3.donya artinya banyak rezekinya
4.pandhita artinya kehidupan rumah tangga anda akan tentram
5.kajen keringan artinya akan dihormati dan disegani oleh tetangga atau orang lain.

berdasarkan hitungan diatas maka handoko tinggal di desa parang tritis dengan jumlah neptunya 11 jika di bagi 5 sisanya 1. firasatnya jatuh pada “sonya” artinya desa tersebut tidak cocok untuk anda. bagaimana cara mengatasinya? diatas sudah saya jelaskan memilih tempat lain atau mengganti nama.

Share on: