memilih hari baik untuk membangun rumah

jika sebelumnya saya membuat artikel tentang mencari hari baik untuk meikah menggunakan hitungan rakam dari primbon jawa, maka kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang hitungan jawa untuk membangun sarana prasarana, seperti rumah, dapur, tempat ibadah dll. oleh karena itu jika anda akan memulai membangun rumah maka perhatikan firasat hari baik yang jatuh baiknya utuk membangun apa.

metode atau petunjuk hitungan ini sudah ada sejak jaman dahulu kala, dan diturunkan ge generasi penerusnya hingga sekarang. tujuannya adalah mencari kebaikan didalam memilih hari agar senantiasa di beri keselamatan serta usaha yang dilakukan tidak sia-sia atau mubazir. dalam hitungan rakam mencari hari baik untuk pernikahan ada 6 watak. diantaranya nuju padu, kala tinantang, sanggar waringin, mantri sinarojo, macan ketawan dan nuju pati. sedangkan dalam hitungan membangun rumah yang digunakan adalah 5 watak. 1 watak hari yang terakhir di hilangkan yakni nuju pati.

setelah tinggal 5 watak seperti nuju padu, kala tinantang, sanggar waringin, mantri sinarojo, macan ketawan. maka kita akan melanjutkan untuk meramal atau mengetahui hari yang bagus untuk membangun rumah. namun disini arti atau istilah dalam watak tersebut tidak menjadi pungkasan dalam kehidupan nantinya, hanya sebagai nama watak karena arti dari pemilihan hari baik tersebut akan di terangkan di bawah ini.

  1. nuju padu : baik untuk membangun dapur
  2. kala tinantang : baik untuk membangun kandang ternak
  3. sanggar waringin : baik untuk membangun sanggar pemujaan, tempat ibadah dll.
  4. mantri sinarojo : baik untuk membangun rumah bagian belakang
  5. macan ketawan : baik untuk membangun rumah baigian muka dan teras/ gerbang/ pagar.

caranya adalah, jika anda akan membangun rumah dari mulai depan, maka anda harus menemukan hari yang memiliki neptu jika di hitung jatuh pada watak macan ketawan. begitu juga jika anda ingin membangun dapu maka harus jatuh di watak nuju padu. seperti berikut ini anda akan membangun atau membuat kandang ternak, maka yang harus anda cari adalah hari yang memiliki neptu 7,12, 17 yakni selasa wage, selasa pahing, minggu pon, senin kliwon, rabu legi, kamis wage, kamis pahing dan sabtu kliwon.

Share on: