memilih hari baik untuk melakukan segala sesuatu

meskipun semua hari adalah baik, namun ada hari-hari tertentu yang paling utama untuk melakukan sesuatu. adapun juga ada hari yang tidak boleh untuk mengerjakan seuatu, oleh karena itu anda harus tahu tentang firasat yang di bawa oleh hari tersebut. memilih hari baik untuk melakukan segala sesuatu disini telah ditulis dalam sebuah buku primbon jawa kuno, mengenai ramalan kehidupan seseorang dan ramalan hari yang disertai dengan pasaran.

1. hari minggu
– baik untuk : membangun dapur, membakar batu bata, membendung sungai, membuat saluran air, mengobati orang atau binatang ternak.
– cocok untuk: menanyakan orang sakit yang diakibatkan karena kecerobohan seperti kecelakaan atau guna-guna, menanyakan soal hama ketimur dan di apit tumbal, menanyakan bayi dalam kandungan untuk mengetahui lahirnya selamat atau tidak, menanyakan hubungan suami istri.
– apabila harta hilang : pencurinya adalah seorang perempuan dan masih kerabat, pembantu atau famili sendiri, tinggalnya di sebelah utara. lehernya pendek, impu jalannya, berkulit langsat, ciri wajahnya ada bekas luka, dan barang yang disembunyikan terletak disemak-semak atau di hutan, jika segera dicari akan ketemu. apabila yang hilang orang (anak, adik, saudara, orang tua dsb) maka larinya kearah utara

apabila ada orang sakit di hari dan pasaran ini maka:
– minggu pon : bila ada yang sakit diakibatkan karena penyakit menular
– minggu kliwon : dibuat orang (kena guna-guna)
– minggu legi : mendekati ajalnya
– minggu pahing : bisa tertolong. apabila surya sudah tenggelam tidak bisa tertolong
selamatannya adalah dengan memotong ayam putih

2. hari senin
– baik untuk : memasuki hidup sebagai pejabat atau yang memulai jabatan baru, bangsawan, mengangkat pimpinan, membangun rumah, membangun teras, membuat sanggar, membuat kandang ternak
– apabila ada yang sakit karena kaul terhadap orang tuanyabelum terlaksana. persembahannya agar kaul dan janjinya dilaksanakan dengan menghadiahkan pakaian kepada orang tuanya lengkap satu stel.
– apabila barang hilang : pencurinya adalah perempuan rambutnya lemas, telinganya panjang, bicaranya manis mempesona, tetapi akhirnya menjengkelkan, berwajah pucat dan barang disembunyikan di dapur rumah di sebelah utara, apabila ada orang yang melarikan diri arahnya ketenggara. apabila pergi jauh singgah kerumah temannya.
– untuk bertanya : bila menanyakan bayi dalam kandungan maka kelak akan sulit hidupnya , menanyakan pendamping hidup (jodoh) adalah yang bertempat tinggal di barat, berwajah cukup, kulit kehitaman, lebat rambutnya disukai dalam pergaulan.

apabila ada orang sakit di hari dan pasaran ini maka:
– senin legi : yang jatuh sakit, di pelataran pangkal mulanya
– senin pahing : yang sakit belum melaksanakan niatnya
– senin pon : yang sakit berasal dari kakinya
– senin wage :yang sakit karena di buat orang/ guna-guna
– senin kliwon : yang sakit kena poking condong, penyebab dari timur daya
selamatannya ayam berumbun diolah dengan nasi uduk yang serba suci, kembang boreh, dan membakar kemenyan jangan sampai dilupakan

Share on: