Melihat perilaku manusia untuk mengetahui watak dan sifatnya

Selain dari bentuk tubuh yang dimiliki ternyata perilaku manusia yang dilakukan sehari hari dapat kita ketahui watak/ sifatnya. Apa bila kita berada di daerah terbuka kemudian kita memperhatikan gerak – gerik seseorang dengan berdasarkan artikel yang saya tulis maka anda dapat mendeteksi tabiatnya. Meskipun hal ini kadang tidak sesuai namun sebagian besar benar, firasat tentang manusia yang saya tulis ini diambil dari salah satu kitab primbon jawa tentang ramalan – ramalan kuno.

Untuk itu dari cara orang melakukan sesuatu tentunya kita ingin mengetahui wataknya. Dengan memperhatikan perilakunya contohnya saat berjalan, saat tidur atau saat dia sedang makan semua bisa menggambarkan kepribadian yang kadang tidak di sadari oleh orang tersebut. Mari kita bahas satu persatu semoga bermanfaat.

primbon watak manusia

DARI CARA ORANG BERJALAN
1. Tumit bergerak-gerak : Orang ini sedang menyembunyikan pikiran dan perasaan kurang baik atau sedang tergesa-gesa karena ada masalah yang sedang dihadapi yang bertentangan dengan batinnya.

DILIHAT DARI PUNGUNG
1. Membungkuk : Orangnya memiliki sifattTekun dan rajin dalam bekerja, pikirannya selalu cerah tidak suga berprasangka buruk sama orang, hati bersih, bicaranya jelas.
2. Tegak lurus : Gila akan pujian, pikirannya tidak bersahaja dan tidak menentu.
3. Sedang : memiliki sifat bijaksana dalam segala hal.

JEJAK KAKI/ LANGKAH
1. Jarang : Mencerminkan hati yang kurang baik, pikirannya terlalu berliku-liku (tak lempang lurus), suka melukai perasaan orang yang ada didekatnya.
2. Sedang : oarangnya bijaksana, bersih hatinya, dan tangkas menghadapi segala soal dan permasalahan.
3. Cepat : pikirannya kurang cerdas, kurang kewaspadaannya.
4. Terburu-buru : Kurang halus sikap dan tingkahnya dan lamban pikirannya.
5. Menunduk+wajar : Halus budi pekertinya, banyak akal pikirannya yang berharga baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

CARA DIA MAKAN
1. Cepat : Rajin bekerja, terlalu berani kurang pertimbangan dan sedikit ceroboh.
2. Sambil cakap-cakap : Kurang panjang pikirannya, pendiriannya tidak tetap tidak bisa dipegang janjinya.
3. Tenang menunduk : Berhati-hati dalam sikap dan tingkah lakunya.
4. Sambil pandangannya Liar kemana-mana : Serakah, rakus, durjana hatinya.
5. Berceceran : Boros dalam segala-galanya.

Share on: