manfaat puasa weton untuk berbagai hajat dan pengasihan

puasa weton adalah puasa yang dilakukan pada hari dan pasaran kelahiran. puasa ini terdiri dari 3 sifat, sesuai dengan keinginan atau hajatnya seperti untuk pengasihan, agar diterima kerja, mendatangkan rezeki yang banyak, agar usahanya lancar dan dagangannya laris, untuk keselamatan dll. semakin hajat yang ingin dikabulkan besar maka semakin banyak melakukannya.

manfaat puasa weton untuk berbagai hajat dan pengasihan

puasa weton dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. puasa satu hari penuh
  2. puasa ngebleng tiga hari
  3. puasa ngebleng tujuh hari
    sedangkan untuk niatnya sama yaitu ” niat ingsun poso ing dino lahiran tanpo mangan tanpo ngombe kanggo (sebutkan hajat/ keinginan anda) krono Allah ta’ala”.

kemudian untuk tata cara puasa weton ini menurut buku primbon jawa adalah melakukan sahur dan berbuka seperti halnya puasa Ramadhan. puasa dimulai dari pagi hari sebelum matahari terbit sampai sesudah matahari tenggelam/ maghrib.

adapun persiapan yang dilakukan saat puasa weton tersebut adalah menyiapkan jajanan pasar 7 rupa untuk berbuka dan bubur merah dan putih. sedangkan pada saat memulai puasa pada pagi hari sebelum sahur lebih baik lagi melakukan mandi kembang 7 rupa dan disiramkan dari atas kepala hingga ujung kaki sebagai upaya pembersihan diri dari segala aura negatif.

Doa puasa weton, di baja setiap akan melaksanakan berbuka puasa.
Alfatihah…..
“Kyai among nyai among, ngaturaken pisungsung kagem para leluhur ingkang sami nurunaken jabang bayine……. (diisi nama anak/orang yang diwetoni) mugi tansah kersa njangkung lan njampangi lampahipun, dados lare/tiyang ingkang tansah hambeg utama, wilujeng rahayu, mulya, sentosa lan raharja. Wilujeng rahayu kang tinemu, bondo lan bejo kang teko. Kabeh saka kersaning Gusti Alloh
….. Aamiin
Allahumma sholli ‘ala sayyidinaa Muhammad Wa’ala ‘ali sayyidinaa Muhammad. Allahumma Ij’al Hadzal Walada …. … (diisi nama anak) Bibarkati Hadhihis Shodaqoti min iyalis salamati wa akrimhu bthulil umri fi thoatillahi warosulihi maas shihhati wal afiyati dhohiron wa bathinan. Wa aufirhu hadhohu minal ilmi an nafii wal amali asholihi wal akhlaqil mahmudati. Wahfadhhu min syarrizamani wamin syari ahliz zamani wala tadhurruhu.

apabila hajat yang anda minta ringan maka cukup sehari puasanya, namun apabila hajat yang anda minta lebih berat maka bisa melakukan puasa selam 3 hari atau 7 hari berturut-turut yang penting weton kelahiran anda diapit oleh hari mulai puasa.

contoh weton anda selasa wage, untuk melakukan puasa 3 hari maka dimulai pada senin pon dan selesai rabu kliwon. jadi selasa wage diapit oleh hari lain yang berdekatan. begitu juga untuk 7 hari maka mulainya pada hari sabtu legi dan selesai jumat pahing.

selain puasa weton untuk mendatangkan rezeki dan pengasihan juga bagus untuk suami istri yang sering di landa perselisihan, contoh suaminya selingkuh atau berbuat serong maka untuk menyadarkan suaminya maka sang istri bisa melakukan puasa weton kelahiranny, begitu juga sebaliknya.

Leave a Reply