kalender nasional tahun 2021 lengkap dengan tanggalan jawa dan islam

kalender nasional tahun 2021 atau kalender masehi ini dilengkapi dengan kalender islam dan jawa, sehingga memudahkan anda untuk melihat perpaduan antara tanggal nasional dan tanggal jawa serta tanggal islam sehingga tidak bingung melihat hari yang tertera di kalender nasional. selain kalender nasional, penanggalan islam banyak di gunakan oleh para ulama dan kyai yang masih menggunakan dengan berpatokan pada penanggalan hijriyah, begitu juga orang-orang tua dan kejawen yang msaih menggunakan tanggalan jawa untuk menghitung berbagai ramalan serta untuk menendai hari dan kelahiran seseorang melalui weton atau untuk mencari hari baik dan buruk untuk berbagai keperluan seperti hajatan, pesta , pindah rumah atau untuk menikahkan seorang anak.

kalender nasional tahun 2021 lengkap dengan tanggalan jawa dan islam

berdasarkan hitungan masehi melalui kalender tahun 2021 nasional ini dilengkapi berbagai hari-hari penting nasional dan hari besar keagamaan diantaranya :

1. Kalender Masehi tahun 2021 meliputi hari – hari nasional yang sering kita lihat di kalender rumah didalamnya juga di jabarkan tentang hari-hari libur nasional dan hari libur keagamaan:
– hari tahun baru masehi,
– tahun baru imlek,
– hari raya nyepi,
– hari kartini,
– hari pendidikan nasional,
– hari kebangkitan nasional,
– kenaikan isa almasih,
– hari lahirnya pancasila,
– HUT kemerdekaan RI ke-73,
– Idul Adha, Tahun baru islam,
– hari kesaktian pancasila,
– hari sumpah pemuda,
– hari pahlawan,
– hari guru nasional,
– HUT Korpri,
– hari nusantara,
– hari ibu dan hari natal.

2. kemudian untuk tanggalan jawa 1954-1955/ penanggalan kejawen terdiri dari:
– bulan jawa seperti bakda mulud, jumadil awal, jumadil akhir, rajeb, ruwah, poso, sawal, selo, besar, suro, sapar, mulud
– hari pasaran seperti legi, pahing, pon, wage, kliwon

3. selanjutnya untuk penanggalan islam 1442-1443 hijriyah meliputi taggalan dan bulan hijriyah diantaranya Muharram,Safar, Rabi’ul Awal,Rabi’ul Akhir,Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab , Sya’ban , Ramadhan, Syawal, Dzulkaidan, Dzulhijjah.

4. ditambah lagi penanggalan wuku hari yang sering digunakan oleh penganut agama hindu dan kejawen seperti madangkungan, maktal, wuje, manahil, prangbakat,bolo, wungu, wayang, kulawu, dukut, watugunung, sinto, landep, wukir, kurantil, tolu, gumbreng, warigalit, wariagung, julungwangi, sungsang, galungan, kuningan, langkir, mondosio, julungpujut, pahang, kuruwelut, marekeh, tamber.

No Responses

  1. Pingback: kalender 2020 masehi lengkap dengan tanggalan jawa dan islam – ujare 04/11/2018