kalender masehi dan tanggalan jawa bulan desember 2019 lengkap hari pasaran dan wuku serta hari baiknya

kalender masehi atau yang biasa disebut kalender nasional bulan Desember 2019 ini memiliki hari libur nasional pada tanggal 25 Desember hari rabu wage yaitu Hari Natal. kalender ini juga lengkap dengan tanggalan jawa yang disertai hari pasaran dan wuku, untuk mengetahui hari baik guna melakukan berbagai keperluan, seperti hajatan, perjodohan/ menikah, buka usaha, mencari pekerjaan, menanam pohon, mencari ikan dll.

hari nasional non libur
-01 Desember Hari AIDS Sedunia (Internasional)
-01 Desember Hari Artileri
-03 Desember Hari Difabel Internasional
-05 Desember Hari Relawan Internasional
-07 Desember Hari Penerbangan Sipil (Internasional)
-09 Desember Hari Pemberantasan Korupsi Sedunia (Internasional)
-09 Desember Hari Armada Republik Indonesia
-10 Desember Hari Hak Asasi Manusia (Internasional)
-12 Desember Hari Transmigrasi
-13 Desember Hari Kesatuan Nasional (Nusantara)
-15 Desember Hari Juang Kartika TNI-AD (Hari Infanteri)
-17 Desember Hari Internasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Pekerja Seks
-19 Desember Hari Bela Negara
-20 Desember Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional
-22 Desember Hari Sosial
-22 Desember Hari Ibu
-23 Desember Ulang Tahun Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)
-29 Desember Hari Keanekaragaman Hayati

dalam kalender bulan Desember 2019 bertepatan dengan bulan jawa bakda mulud dan jumadil awal tahun jawa 1953 , serta bulan hijriyah rabiul akhir dan jumadil awal 1441 hijriyah. memiliki hari 31 dalam kalender masehi yang dimulai pada hari minggu kliwon tanggal 1 dan berakhir tanggal 31 hari selasa kliwon, yang terdiri 27 hari bulan bakda mulud/ rabiul akhir dan 4 hari bulan jumadil awal .

dalam primbon perjodohan bahwa bulan Desember 2019 ini masih kurang bagus untuk mengadakan perjodohan, resepsi pernikahan, ijab kabul. karena dalam bulan Desember 2019 yang terdiri dari bulan rabiul akhir/bakda mulud dan dan jumadil awa ini merupakan bulan yang tidak baik/ tidak bagus untuk pernikahan. adapun jika dilakukan pada bulan jawa bakda mulud/rabiul akhir maka banyaknya fitnah dan rintangan sehingga kelak hidupnya akan berpindah-pindah tidak tenang dan nyaman. dan pada bulan jumadil awal nya kehidupannya selalu diganggu orang, banyak pencuri yang selalu mengincar kehidupan rumah tangganya.

sedangkan apabila bulan Desember 2019 di gunakan untuk mencari rezeki, pindah rumah, mencari ikan, cari pekerjaan, melamar kerja, berdagang dll, maka berdasarkan primbon jati ngarang dan perhitungan naga tahun bahwa bulan rabiul akhir dan jumadil awal yang ada didalamnya akan membawa firasat mata angin atau arah yang tidak boleh di dekati, karena mengandung naas dalam bertindak serta naas dalam melakukan. oleh karena itu jangan mendekati ke arah timur dan selatan.

pesan dari saya, tidak semua hari didalam bulan Desember 2019 tersebut adalah naas, ada hari- hari bagus yang bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan yaitu cari hari rabu dan kamis. namun hindari hari teliwangke/ hari naas yaitu senin kliwon, selasa legi, rabu pahing, kamis pon, jumat wage, dan sabtu kliwon.

Bulan januari 2020
Kalender 2019 lengkap
Kalender 2020 lengkap

Share on: