jumat kliwon

bagi masyarakat indonesia khususnya suku jawa, tentu sudah tidak asing dengan sebutan jumat kliwon. ada apa dengan jumat kliwon kenapa begitu ramai diperbincangkan orang dan identik dengan dunia gaib serta mistis. juat kliwon adalah nama hari yang dipadukan dengan pasaran jawa, yaitu antara 5 pasaran diantaranya pon, wage, kliwon, legi, pahing.

memang benar bahwasannya jumat kliwon identik dengan dunia mistis, karena dianggap sebagai hari paling angker diantara hari-hari lainnya. dipercaya turun-temurun dari leluhur jaman dahulu, bahwa jumat kliwon merupakan hari perjamuan dan pertemuan bangsa alam gaib, seperti jin, syetan, iblis, mahluk halus/ hantu. yang dilaksanakan pada malam hari, oleh karena itu dikenal sebagai malam jumat kliwon.

manusia yang memiliki iman yang kuat, mereka akan memperbanyak amalan-amalan serta ibadah, kemudian bagi orang yang memiliki hubungan dengan alam gaib seperti paranormal, dukun, tertua suku/ adat dll. mereka akan melakukan ruwatan dan meditasi sepiritual dengan bersemedi, memadikan benda-benda pusaka, membakar dupa, menyajikan sesaji dll. maka dari itu jika anda berada di tanah jawa, pada malam jumat kliwon sering melihat penampakan cahaya yang berterbangan diatas rumah. apabila anda melihat seperti itu berarti pemilik rumah memiliki pusaka yang sedang terbang ketika maalam jumat kliwon untuk melakukan perjamuan di kayangan.

menurut cerita leluhur yang sudah turun temurun, bahsawannya pada malam jumat kliwon, dimana para mahluk kayangan dan mahluk gaib akan turun kebumi. sebaiknya para manusia membuat persembahan dan sesaji untuk menyambutnya dan berharap akan diberikan keberuntungan, keselamatan serta kebahagiaan.

apabila di lihat neptu daripada jumat kliwon maka memiliki jumlah neptu 14 yang terdiri dari neptu hari jumat adalah 6 dan neptu pasaran kliwon adalah 8. jatuh pada firasat PANCA SUDA ASLI. yang artinya terciptanya suatu hari yang membawa segala kepandaian serta terpeliharanya budi yang meninggalkan jasa.

Share on: