jalan dan watak tahun untuk menanam padi

jalan dan watak tahun ini gunanya adalah untuk berbagai pertanian, bagi anda yang hendak menanam padi, palawija atau tanaman buah-buahan bisa menggunakan pedoman ini. sehingga tanaman anda bisa tumbuh subur dijauhkan dari hama dan bencana serta dapat berbuah lebat.

jalan dan watak tahun untuk menanam padi

untuk itu menenam bukanlah hal yang dianggap sepele, karena pada jaman dahulu para petani menggunakan hitungan jalannya tahun guna mendapatkan hasil tanaman yang baik. mereka percaya apabila menanam dengan memilih hari yang salah maka tanaman tersebut tidak akan tumbuh dengan baik, bisa terkena hama ataupun bencana banjir.

berikut patokan jalannya watak tahun untuk menanam tanaman

  1. jika bertepatan dengan tahun alif, maka untuk menanam dimulai pada hari jumat, sedekahannya nasi tanak pecel gereh, doanya dituukan kepada arwah sesepuh/ leluhur/ orang tua, penyakitnya bambang, lalu obatnya jeruk gulung ditanam pada pematang sawah.
  2. jika bertepatan pada tahun haa, maka mulailah menanam pada hari rabu. menanamnya dimulai dari sudut utara timur. sedekahannya nasi tanak, lauk pauknya telur, goreh kelotek, sambal jahe dan sayur menir. doanya kasah, penyakitnya sundep, lalu obatnya kotoran kuda (eletong) ditanam pada pematang sawah.
  3. jika bertepat pada tahun jim, maka mulailah menanam pada hari jum’at dari arah selatan timur dan diakhiri pada arah barat. sedekahnya nasi tanak, lauk pauknya dadar telur, doanya selamat. hamanya burung, obatnya daun kadalan dan daun kedaya ditancapkan pada pematang sawah.
  4. jika bertepatan tahun zaa, mulailah menanam pada hari jum’at dari arah utara barat dan penghabisan pada tengah-tengah betul. sedekahnya nasi puter, lauknya pecal ayam. hamanya celeng/ babi hutan, obatnya sekul bujeng wadang dibakar dan terasi merah ditaruh pada pematang sawah. dan ini doanya “MAGUNUNG GENI SEGARA WEDANG SING MARA SINGA MATI LEBUR LULUH UJERI SERI RAJAH IMAN”.
  5. jika bertepatan tahun dal, maka mulailah menanam padi pada hari rabu, dari arah selatan barat. sedekahnya nasi tanak, lauknya ikan air tawar apa saja, doanya tulak balak. penyakitnya lodoh, obatnya abu ditanam pada pematang sawah.
  6. jika tahun baa, maka mulailah menanam pada hari rabu, dari arah mana saja. sedekahnya nasi tanak, lauknya ikan air tawar, sayurnya sayur-sayuran, doanya qunut, hamanya belalang, obatnya minyak ditaruh pada pematang sawah dan dibakarkan tanduk. ini yang di baca ketika akan meletakan syarat tadi “TUMENGGUNG GUNUNG AJA MANGAN PARI IKI PANGANEN SEKUL TUMPENG SUNDUL LANGIT”.
  7. jika bertepatan tahun wawu, maka mulailah menanam pada hari kamis dari arah selatan timur dan penghabisannya ditengah-tengah benar. sedekahannya nasi tanak dan jajanan pasar, lauknya gereh dengan diikat benang lawe serta jenang beras ditanam di pematang sawah.
  8. jika bertepatan dengan tahun jim akhir, maka mulailah hari jumat dari tengah-tengah betulsedekahnya nasi puli, ikannya gereh kelotek, doanya arwah . hamanya lemah, obatnya jeruk ditanam di pematang sawah.

Leave a Reply