hukumnya wanita yang tidak mau menikah

bagaimana hukumnya jika ada seorang wanita yang tidak mau menikah dan terus sendiri. maka dalam mendahulukan dijelaskan bahwa diantara hukum menikah itu ada yang wajib, sunnah, mubah , makruh, dan haram. oleh karena itu apabila ada seorang wanita yang memutuskan untuk tidak menikah dan terus melajang, sedangkan dirinya memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. maka hukumnya haram, sebab sudah tertera secara jelas dalam hadits yang menjelaskan bahwa adanya larangan tersebut.

” dari samurah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW, memberikan larangan pada seseorang untuk membujang/ melajang” (Hr. An-Nasa’i & Tirmidzi).

larangan tersebut disepakati oleh para ulama, sebab perkawinan adalah sunnatullah dan juga sunnah Rasul, sebagaimana dalam firman Allah:
“Dan kami ciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan, agar kamu mendapatkan pengajaran”.
(QS. Adz-Dzariyat : 49)

dan juga sebuah hadits dari anas bin malik, sesungguhnya Nabi SAW memuji dan menggaungkan-Nya serta bersabda:
“…….akan tetapi saya melakukan shalat, dan tidur, puasa , berbuka dan saya menikahi perempuan-perempuan , maka barang siapa yang tidak mengikuti sunnahku, dia bukanlah termasuk golongan-ku”.

dari adanya ayat dan hadits diatasjuga menunjukan adanya anjuran untuk menikah. jadi, apabila seseorang membiarkan dirinya melajang, baik dengan cara mengebiri, maka baginya bukan tergolong hambba Allah yang mentaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, serta bukan termasuk umat Nabi Muhammad SAW.

disamping itu juga dengan membujang/ melajang tidak mensyukuri nikmat dan karunia ALlah SWT yang telah di berikan kepada manusia berupa alat reproduksi.baik untuk wanita maupun laki-laki. dan juga dianggap merusak atau menyiksa dirinya sendiri, sebab hal tersebut dapat mendatangkan kebinasaan karena mengingkari kodrat sebagai manusia yang bertugas menjadi khalifah di muka bumi dan melestarikan keturunan yang baik sehingga dapat menunjukan umat manusia dari jalan sesat menuju ke jalan yang dikehendaki-Nya.

Share on: