hitungan mencari hari baik untuk bepergian jauh

hitungan mencari hari baik untuk segala keperluan dengan bepergian jauh seperti merantau, berlayar menangkap ikan, mencari kerja, menagih hutang, menemui saudara, belajar dll. tentu kesemuanya mengharapkan hasil yang baik. contoh jika pergi merantau mencari pekerjaan ke suatu daerah atau perkotaan jika salah memilih hari maka apa yang menjadi harapan tidak sesuai dengan keinginan bisa mendapat kegagalan atau menemukan halangan didalam perjalanan.

begitu juga yang pergi hendak melaut mencari ikan, apabila tidak tepat memilih hari maka hasilnya tidak akan memuaskan, hasil tangkapan bisa saja sedikit atau juga diperjalanan di halangi cuaca yang kurang bagus. oleh karena itu memilih hari baik ini pada jaman dahulu sangat diperlukan, dan apabila ada orang pintar atau tertua adat maka orang kampung selalu meminta petunjuk tentang pendapat keberangkatan dalam memilih hari yang baik agar semua keberuntungan selalu berpihak dan juga di beri keselamatan.

untuk menghitung dalam mencari hari baik seperti yang ditulis dalam sebuah buku primbon jawa diterangkan bahwa ada 5 firasat yang mewakili tiap-tiap hari, baik yang bagus maupun yang buruk. kelima hari tersebut adalah :

  1. suku/ kaki : artinya jika hitungan hari jatuh pada firasat ini maka hasilnya hampa atau sia-sia
  2. watu/ batu : jika jatuh pada firasat ini artinya akan mendapat halangan di perjalanan
  3. gajah : jika jatuh pada firasat ini artinya baik dan tujuan anda akan berhasil
  4. baya/ buaya : jika jatuh pada firasat buaya maka artinya akan menjumpai marabahaya atau malapetaka
  5. ratu : hasilnya baik dan sesuai dengan harapan.

untuk cara menentukan hari baiknya adalah dengan menghitung neptu hari dan pasaran saat itu kemudian di kurangi 5 hingga tidak bisa lagi dikurangi, lalu sisanya cocokan dengan 5 firasat diatas. demikian semoga bermanfaat.

Share on: