hitungan jawa membuat sumur agar air melimpah

dalam primbon jawa dikatakan bahwa setiap orang yang akan membuat sumur harus menghitungnya terlebih dahulu, menggunakan hitungan jawa yang sudah di ajarkan turun temurun dari sesepuh pada jaman dahulu. tujan dari pada menghitung pembuatan sumur adalah untuk mendapatkan air yang melimpah, serta kadar airnya juga harus bersih tidak keruh. dan juga pada saat musim kemarau air dalam sumur tidak kering. sehingga sumur tersebut menjadi bermanfaat bagi kita maupun orang lain yang akan mencari air bersih.

hitungan jawa membuat sumur agar air melimpah

membuat sumur memang tidak boleh sembarangan, selain karena sumur merupakan sarana sumber bagi kehidupan, juga sumur merupakan sebagai panutan atau induk dalam kehidupan. seperti bayi yang menyusu pada ibunya, dan rumah tangga yang mengharapkan air untuk kehidupan pada sumur tersebut. oleh karena itu apabila anda sembarangan membuat sumur maka hasilnya akan buruk. orang yang membuat sumur banyak kecewa karena sudah di gali dalam-dalam tapi air tidak keluar, atau adda yang keluar namun tidak jernih sehingga tidak bisa di konsumsi.

maka dari itu disini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara membuat sumur melalui hitungan jawa, agar air yang keluar dari sumur tadi melimpah ruah dan bersih, sehingga dapat digunakan apa saja dan untuk dikonsumsi sehari-hari.

  1. sebelum anda menggali sumur sebaiknya perhatikan arah dan letaknya sumur yang akan digali untuk mengetahui posisinya.
  2. letak sumur yang bagus adalah terletak di sebelah selatan dapur / di sebelah utara dapur
  3. diukur menggunakan kerah baju jarak antara dapur dengan sumur yang akan di buat.
    hitungannya dalah jumlah ukuran kerah tadi di kurangi 4, 4, 4 sisanya di cocokan dengan firasat dibawah ini:
  • jika sisa 1 jatuhnya telaga, artinya besar airnya akan tetapi tanpa rasa/ kurang enak airnya
  • jika sisa 2 jatuh kali, artinya airnya akan sering kemasukan aneka ragam kotoran dan unsur nya kurang baik
  • jika sisa 3 jatuh segara, artinya air sumur akan payau dan asin
  • jika sisa 4 jatuh sendang, artinya air sumur akan lezat akan tetapi sering kering dan angker.

sedangkan hari baik untuk memulai menggali sumur adalah sabtu legi, kemudian saat yang paling baik untuk memulai pembuatan sumur adalah malam bulan purnama. meskipun sebagai syarat dalam penggalian silahkan di lakukan pada saat malam tersebut, kemudian diteruskan besok siangnya. semoga bermanfaat.