hitungan dan mencari hari baik membuat sumur agar air bagus

Ternyata membuat sumur tidaklah sembarangan. berdasarkan primbon jawa bahwasannya untuk membuat galian sumur selain mencari hari baik juga harus di perhitungkan pembuatannya seperti arahnya, jaraknya dan lebar sumur tersebut. karena sumur adalah sumber air bagi kehidupan manusia. apabila sumur yang anda buat tidak menghasilkan banyak air maka akan sia-sia.

selain bertujuan untuk mengetahui lokasi titik air yang bagus, hitungan primbon tentang pembuatan sumur juga berguna untuk mendapatkan kadar air yang sempurna. sering kita melihat dan mendengar ada tetangga yang rumahnya berdekatan,dan sumur mereka juga berdekatan. akan tetapi rasa air yang dihasilkan berbeda, ada yang tanpa rasa, ada yang sedikit asin, ada yang jernih dan ada juga yang keruh, selain itu banyak sedikitnya sumber air juga sangat menentukan. permasalahan tersebut bisa diakibatkan dari hitungan jarak sumur , arah sumur atau memilih hari yang baik untuk memulai penggaliannya

jika anda sudah paham dengan maskusd diatas maka apabila anda hendak membangun sumur, saya sarankan agar mengikuti petunjuk ini. karena hitungan pembutanan sumur ini merupakan dari sebuah primbon kuno yang di tulis untuk di wariskan kepada kita semua. orang-orang terdahulu membuat pernyataan ini mungkin karena sudah berpengalaman, apalagi masalah sumur adalah sumber bagi manusia untuk mendapatkan air dengan mudah.

1. berikut hitungan kiblat letaknya sumur untuk mendapatkan keselamatan serta rezeki bagi pemiliknya :

– Apabila rumah anda menghadap ke arah selatan sebaiknya sumur berada di selatan dapur atau di utara dapur.
– Apabila rumah anda menghadap ke arah utara sebaiknya sumur berada di utara dapur atau di selatan dapur
– Apabila rumah anda menghadap ke arah timur sebaiknya sumur berada di timur dapur atau di barat dapur
– Apabila rumah anda menghadap ke arah barat sebaiknya sumur berada di barat dapur atau di selatan dapur

2. selanjutnya adalah menghitung jarak antara sumur dengan dapur untuk mendapatkan kadar air yang baik. harus diukur menggunakan kerah baju kemeja yang sering anda pakai. setelah ketemu di kurangi empat – empat sisanya cocokan dibawah ini:

– apabila sisa 1 maka jatuhnya TELAGA , artinya banyak airnya dan jernih akan tetapi tanpa rasa/ anyeb ( kurang enak).
– apabila sisa 2 jatuhnya KALI, artinya air sumur tersebut keruh dan kotor karena sering kemasukan banyak kotoran seperti sampah ranting debu dll, serta unsur dari pada air tersebut juga kurang baik untuk kesehatan.
– apabila sisa 3 jatuhnya SEGARA, artinya airnya terasa asin dan warnanya juga sedikit kekuningan/ keruh.
– apabila sisa 4 jatuhnya SENDANG, airnya bersih dan jernih serta lezat rasanya, bagus juga untuk kesehatan akan tetapi apabila datang kemarau sering ikut kering dan juga agak sedikit angker.

selain syarat utama sebelum memulai penggalian sumur agar dilakukan doa bersama/ selamatan atau jajan pasar juga pilihlah hari yang baik yaitu sabtu legi atau kamis pahing. dan juga akan bertambah baik lagi jika dimulai pekerjaannya/ penggaliannya pada saat bulan purnama, meskipun sekedar syarat hanya mencangkul tempat tersebut dan besoknya dilanjutkan.

Share on: