Harga Bambu Petuk

Jika kita berbicara masalah Harga Bambu petuk memang sangat sulit, karena sebenarnya bambu petuk tidak memiliki harga yang riel, melainkan kesepakatan atau perjanjian antara penjual dan pembeli yang disebut mahar. mahar adalah cara menilai suatu barang berdasarkan keinginan penjual dengan tidak mematok harga, bisa dengan barter barang atau dengan uang. seperti halnya bambui petuk ini, yang tidak bisa dipatokan harganya, hanya perkiraan berdasarkan harga dipasaran yang sudah lazim di jual orang lain.

harga bambu petuk atau maharnya bervariasi, namun yang perlu saya jelaskan disini adalah kisaran harga berdasarkan jenisnya. dari yang paling mahal, sedang dan paling murah. tiga bagian bambu petuk ini di lihat dari bagian saat berada di pohon bambunya. berikut urutan harga bambu berdasarkan bagiannya :

1. Bambu petuk dengan harga paling mahal
banbu petuk yang menjadi incaran para kolektor benda bertuah adalah bambu yang bagian pangkal, artinya terjadinya pertemuan ruas yang berada pada pangkal bambu. jenis ini sangat langka dan susah di cari karena tidak semabarangan bambu mengeluarkan ranting di bagian pangkal dan dekat dengan serabut akar. oleh karena itu bambu petuk jenis ini tergolong bambu petuk termahal diantara lainnya yakni bisa sampai ratusan juta.

 

2. Bambu petuk dengan harga setandar
adalah bambu petuk yang pada pertemuan ruasnya berada di batang bambu dan bagia antara ruas tidak terlalu panjang. untuk bambu petuk jenis ini juga lumayan susah di cari karena mayoritas bambu pada batang bertumbuh normal. sehingga harga bambu petuk ini lumayan mahal namun tidak semahal yang bagian pangkal yaitu berkisar puluhan juta.

 

 

3. Bambu petuk dengan harga biasa
bambu petuk dengan harga ini adalah bambu ketemu ruas yang berada di ranting atau ujung batang bambu. bentuknya kecil sebesar jari tangan, biasanya panjangnya tidak lebih dari 10 cm. dari ketiga jenis bambu petuk jenis inilah yang banyak di cari karena harganya masih terjangkau yakni antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah.sehingga bambu ini tergolong termurah.

 

 

kemudian jika berdasarkan jenis bambu, bambu petuk yang paling bagus adalah yang berasal dari bamu petung/ pring petung. karena bambu ini jarang dijumpai.oleh karena itu dari jenis-jenis bambu yang paling diminati oleh orang adalah bambu petuk dari bambu petung. demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Share on: