firasat gempa bumi menurut primbon jawa

Arti gempa bumi adalah sebuah musibah yang terjadi karena faktor cuaca maupun kecerobohan manusia yang mengakibatkan kurangnya keseimbangan alam. oleh para ilmuwan dikatakan melalui situs wikipedia bahwa gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. sedangkan menurut primbon jawa kuno sebelum ada penelitian para ahli, bahkan sering orang tua dahulu mengatakan bahwa gempa bumi/lini/ lindu itu adalah pergerakan ular naga yang berada di perut bumi. selain mengakibatkan musibbah kecil atau ringan ternyata gempa bumi memiliki alamat yang berhubungan dengan kehidupan di daerah tersebut, seperti ditulis dalam kitab primbon jawa tentang firasat gempa bumi berdasarkan bulan terjadinya dan ramalan tersebut telah kami rangkum sehingga anda bisa mengetahuinya.

berikut ini akan saya jelaskan mengenai ramalan/ firasat gempa bumi menurut primbon jawa yang terjadi dan di lihat dalam kalender jawa.

1. jika gempa bumi terjadi pada bulan muharram , maka alamat akan terjadi banyak orang prihatin. jika malam terjadinya maka kedepan bahan makanan mahal dan banyak muncul huru hara dimana-mana.
2. jika gempa bumi terjadi pada bulan shafar waktu siang hari, alamatnya banyak penduduk desa berpindah tempat dan banyak penyakit. namun jika terjadi pada malam hari maka banyak orang selamat dalam tahun tersebut.
3. jika gempa bumi terjadi pada bulan rabiul awal waktu siang hari maka alamat banyak yang akan mendapatkan derajat/ pangkat namun banyak penyakit. jika terjadi malam hari maka banyak hujan angin dan ombak kuat.
4. firasat gempa bumi di bulan rabiul akhir pada waktu siang hari maka alamatnya banyak manusia dan binatang ternak pada mati, jika malam hari terjadinya maka lamatnya baik diberikan hujan, tanaman subur, murah sandang pangan dan selamat dari segala penyakit.
5. firasat gempa bumi di bulan jumadil awal jika terjadi siang hari alamatnya akan banyak musuh, jika malam hari alamatnya rahayu dan makmur.
6. firasat gempa bumi di bulan jumadil akhir terjadi siang hari alamatnya terjadi musim kemarau yang panjang, seluruh binatang ternak kurus kurang makan, tanaman pada mati.jika datangnya malam alamatnya banyak penyakit dan paceklik
7. firasat gempa bumi di bulan rajab waktu siang hari, alamatnya banyak penyakit di tahun itu. jika malam hari akan timbul peperangan besar dalam negara tersebut.
8. firasat gempa bumi di bulan syakban waktu siang hari, ramalannya banyak orang yang meninggal dunia serta kebutuhannya mahal.
9. firasat gempa bumi di bulan romadhon waktu siang hari, berdasarkan ramalan primbon jawa alamat banyak penyakit,banyak bertengkar dan orang berpindah-pindah.
10. firasat gempa bumi di bulan syawwal alamat terjadi jika pada siang hari maka terjadi kerusakan-kerusakan , jika malam hari alamat akan timbul peperangan besardan banyak yang berselisih.
11. firasat gempa bumi di bulan dzul qaidah waktu siang hari, menurut ramalan primbon jawa maka alamat akan terjadi kekacauan dalam desa/ negara tersebut,mulai dari perebutan kekuasaan dan perebutan sandang pangan, jika terjadi malam hari banyak orang akan pindah.
12. firasat gempa bumi pada bulan dzul hijah waktu siang hari maka alamat banyak orang marah dan paceklik di tahun itu, serta terjadi banyak permusuhan . jika terjadi malam hari terjadi banyak desa rusak dan banyak hujan , padi murah harganya.

Share on: