cara menghilangkan cegukan pada bayi menurut orang tua

cegukan pada bayi memang kerap terjadi, bahka mungkin hampir semua bayi pernah mengalaminya, sehingga para orang tua sangat khawatir. meskipun sebenarnya cegukan ini bisa hilang/ sembuh sendiri selang beberapa waktu. akan tetapi para ibu pasti akan berusaha agar cepat hilang. sehingga bayi bisa caria kembali dan bernafas normal.

menurut orang tua dan primbon jawa bahwa cegukan pada bayi melambangkan sebagai pertumbuhan usia. oleh karena itu mereka menganggap bahwa bayi yang mengalami cegukan akan cepat bertumbuh besar karena urat dan sarafnya serta tulangnya ketarik sehingga memungkinkan akan bertambah tingginya sang bayi. meskipun anggapan ini masih dianggap mitos oleh kalangan orang-orang jaman sekarang karena menurut ilmu medis bahwasanya cegukan adalah kontraksi spontan atau kejang pada otot diafragma yang tiba-tiba. namun ada juga yang beranggapan menurut dunia mistis bahwa cegukan pada bayi sebagai lambang bahwa sang kakek atau nenek yang sudah meninggal sedang datang menemui si bayi.

cegukan pada bayi biasanya terjadi karena berbagai sebab, seperti makan kekenyangan, terlambat minum, posisi menyusu yang salah sehingga angin banyak masuk, kelelahan, kurang tidur dll. baiklah setelah saya beri penjelasan sedikit maka akan saya beri resep cara menghilangkan cegukan pada bayi yang biasa dilakukan para orang tua karena hal tersebut sudah turun temurun dari sesepuh dan leluhur terdahulu.

1.mengagetkan bayi
cara yang pertama adalah memberi kejutan atau kagetan pada bayi, akan tetapi perlu di perhatikan jangan terlalu mengagetkan apalagi sampai membuatnya takut karena nanti akan menangis. usahakan dia tertawa setelah dikagetin. contoh seperti permainan ciluk ba yang sering orang tua lakukan kepada kita waktu bayi. lakukan ini beberapa kali agar si bayi sedikit terperanjat. karena menurut orang tua hal tersebut sebagai upaya untuk menangkal cegukan tadi sehingga akan hilang seketika.

2.memberi minum hangat
selain cra yang pertama tadi yakni memberi kejutan, yang kedua adalah memberi minum hangat. hal ini juga menurut orang tua sebagai upaya yang manjur untuk menghilangkan cegukan. karena air hangat akan melenturkan otot-otot tenggorokan dan pita suara sehingga urat yang terkena kontraksi mendadak bisa lentur kembali sehingga perlahan-lahan cegukan tadi akan hilang.

3.ditepuk-tepuk punggungya
dipukul-pukul atau ditepuk-tepuk perlahan punggungnya seketika pada saat cagukan sambil mengucap mantra jawa “sirap sawan sambung umur” 3x. diyakini bahwa usaha ini juga sangat mujarab untuk mengobati anak atau bayi yang mengalami cegukan.

demikian tips dan cara mengatasi bayi yang cegukan menurut orang tua jaman dulu dan sudah menjadi tradisi turun temurun, untuk diketahui kepada anak cucu dikemudian hari. sehingga tidak perlu khawatir menghadapinya, semoga bermanfaat

Share on: