cara membaca kalender jawa dan islam pada situs ujare

kalender dalam situs ujare, merupakan kalender paling lengkap karena terdiri dari penanggalan jawa dan kalender hijriyah/ islam. namun demikian apabila anda tidak menguasai maka akan salah dalam menentukan tanggalnya. karena dalam satu hari ada 3 tanggal yang terpisah serta hari nasional, hari jawa dan pasaran jawa, sedangkan untuk tanggalnya sendiri ada tiga yaitu tanggal masehi, tanggal hijriyah dan tanggalan jawa.

memang berbeda kalender nasional yang dilengkapi dengan tanggalan jawa dan hijriyah ini, karena dibuat selengkap mungkin dalam satu kalender. sehingga memudahkan anda untuk mencari tanggal jawa dan tanggal islam. apalagi bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan hitungan jawa untuk berbagai keperluan seperti menghitung perjodohan, menentukan hari baik, memulai usaha. tentu akan sangat berguna sekali kalender tersebut.

cara membaca kalender jawa dan islam pada situs ujare
  1. untuk yang ditandai dengan nomor 1 adalah nama bulan dalam kalender jawa yang di sertai dengan tahun jawa. ada 12 bulan dalam 1 tahun sama dengan bulan dalam kalender nasional. yang membedakan adalah jumlah hari nya, oleh kaena itu bulan jawa pada bulan nasional akan selalu bergeser dan berputar, artinya tidak menetap pada tanggal-tanggal terebut.
  2. sedangkan yang di tandai dengan nomor 2 adalah nama bulan dalam kalender islam/ hijriyah yang disertai dengan tahun hiriyah saat itu. jumlah ulan hijriyah sama yaitu 12 bulan. penanggalan ini juga sama dengan penanggalan jawa, yaitu selalu bergeser, karena jumlah tanggal dalam 1 bilan berbeda-beda dengan kalender nasional.
  3. yang ditandai dengan nomor 3 adalah, tanggal hijriyah/ islam. biasanya terletak di bawah tanggal nasional dan berada paling depan. ada yang menggunakan angka biasa, ada juga menggunakan angka arab.
  4. sedangkan yang ditandai nomor 4 adalah penanggalan jawa. yakni angka yang biasa terletak di bawah tanggal nasional dan berada di belakang nama pasaran. tanggal ini kadang akan ketemu sama dengan tanggal hijriyah.
  5. yang ditandai dengan nomor 5 dalah nama hari dalam bahasa jawa kuno, nama hari ini masih sering digunakan oleh orang-orang jaman dulu dan agama budha dan hindu.
  6. nomor 6 dalah nama pasaran jawa, biasanya digunakan untuk pedoman dalam mengingat hari. atau digunakan sebagai ramalan dan hitungan. dalam hari kelahiran juga sering digunakan yang dinamakan weton. dalam satu masa pasaran ada 5 pasaran jawa.
  7. nomor 7 adalah nama wuku, wuku ini sebenarnya berasal dari hitungan atau penanggalan jawa kuno dan sampai sekarang masih digunakan oleh orang-orang di bali dan agama hindu.

demikian untuk cara membaca kalender jawa maupun hijriyah ini, agar anda tidak salah dalam melihat tanggal. sebenarnya dalam kalender jawa masih ada lagi nama-nama yang harus anda pelajari seperti tahun jawa, panata mangsa, windu dll. akan di terangkan di artikel berikutnya, semoga bermanfaat.