bulan yang baik untuk menikah di tahun 2022

apakah anda berencana menikah di tahun 2022, maka perhatikan petunjuk bulan yang baik untuk menikah di tahun tersebut. karena tidak semua bulan dianjurkan untuk melaksanakan pesta pernikahan maupun ijab kabul. adapun bulan yang bagus dan juga bulan yang tidak bagus. hal tersebut lantaran banyak sambekala atau firasat buruk yang bakal terjadi apabila melanggar larangan sasi ijab. dari hal yang terkecil seperti sakit-sakitan hingga yang besar seperti kematian atau perceraian.

berdasarkan hitungan jawa yang di tulis dalam primbon jawa bahwa setiap bulan memiliki energi positif dan negatif untuk perkawinan. oleh karena itu orang tua selalu berpesan kepada anak-anaknya agar sekiranya mengikuti nasehat orang tua mereka agar di pilihkan hari dan bulan yang bagus. tidak sedikit oran tua yang tidak paham mengenai aturan adat jawa ini, dan mereka mencari sesepuh atau tertua adat untuk memilihkan bulan yang dianggap bagus guna pernikahan anaknya.

namun demikian saya akan memberikan petunjuk yang mudah dipahami agar anda sekalian para pembaca artikel di website saya bisa mengerti dan memilih bulan baik untuk meikah di tahun 2022 ini. adapun mengenai pergantian tahun juga dipengaruhi karena pergeseran tanggal dan bulan dengan bulan nasional, sehingga selain bulan jawa yang saya maksud juga akan saya kaitkan dengan kalender nasional yang sering di pajang dirumah anda.

dalam bulan jawa ada 12 sasi sama seperti bulan jawa hanya mereka tidak berjalan bersamaan, setiap tahun ada pergeseran tanggal maju jika di hubungkan dengan kalender nasional. contoh bulan suro terdapat pada bulan juli sampai agustus di kalender masehi tahun 2022.

berikut petunjuk bulan baik untuk menikah di tahun 2022

1. sura : tukar padu, nemu kesusahan (aja diterak)
bulan sura yang di mulai pada tanggal 30 juli hingga 28 agustus merupakan salah satu bulan yang dilarang untuk menikah. karena berdasarkan firasatnya jika dilanggar akan mendapat kesusahan dan rumah tangganya akan sering bermasalah dan cekcok yang tidak akan selesai-selesai.

2. sapar :kekurangan, sugih utang (kena diterak)
bulan sapar yang dimulai pada tanggal 29 agustus 2022 hingga 26 september 2022 merupakan bulan yang juga tidak bagus untuk menikah namun disini tertulis bisa diterak artinya bisa dilanggar asalkan weton kedua pasangan sangat cocok. sedangkan firasat nya adalah hidupnya selalu kekurangan dan banyak hutang.

3. mulud : mati salah siji (aja diterak)
bulan mulud yang dimulai pada tanggal 27 september 2022 sampai 26 oktober 2022 merupakan bulan yang sangat di larang untuk ijab kabul maupun pesta perkawinan, bahkan jangan diterak artinya jangan sekali-kali dilanggar karena firasatnya akan memakan nyawa salah satu pasangan dan bisa juga salah satu orang tuanya akan meninggal dalam waktu dekat.

4. rabiul akhir : tansah dicatur lan nemu ujar ala (kena diterak)
bulan rabiul akhir yang dimulai pada tanggal 27 september dan berakhir pada 24 november 2022 merupakan bulan yang tidak dianjurkan untuk melaksanakan pernikahan, namun demikian dapat di langgar asalkan mencari hari yang cocok atau hari baik yang sesuai dengan weton pasangan tersebut. mengingat firasat yang ada pada bulan tersebut tidaklah terlalu buruk yakni sering di fitnah dan cemooh orang lain dan tidak mempengaruhi rezeki, keberuntungan dan keharmonisan keluarga.

5. jumadil awal : kerap kelangan, kapusan, sugih satru (kena diterak)
bulan yang dimulai pada tanggal 25 november hingga 24 desember 2022 juga bulan yang kurang bagus untuk ijab kabul/ perkawinan. namun demikian firasatnya juga tidak seburuk bulan-bulan lain sehingga dapat di langgar asalkan menemukan hari baik dalam bulan tersebut. firasatnya adalah sering kehilangan dan ditipu orang.

6. jumadil akhir : sugih mas selaka
bulan ini bertepatang denga tanggal 5 januari 2022 hingga 2 februari 2022. merupakan bulan yang dianjurkan untuk melaksanakan pernikahan maupun pesta. firasatnya sangat bagus yakni akan mendapatkan kekayaan dan bergelimang harta.

7. rajeb :sugih anak lan slamet
bulan ini dimulai pada tanggal 3 februari hingga 4 maret 2022, juga salah satu bulan yang dianjurkan. apalagi bagi mereka yang sangat menginginkan keturunan/ anak. maka pilihlah bulan ini untuk menikah karena firasatnya banyak anak dan selamat hidupnya.

8. ruwah : rahayu ing sakabehane
bulan ini dimulai pada tanggal 5 maret hingga 2 april 2022, merupakan bulan baik yang sangat dianjurkan karena memiliki firasat selamat dan sukses dalam segala hal.

9. pasa : cilaka gedhe, (aja diterak)
bulan yang di mulai pada tanggal 3 april 2022 sampai 31 mei 2022 merupakan bulan larangan untuk menikah karena memiliki firasat yang sangat tidak baik, juga tidak boleh dilanggar. firasatnya adalah akan mendapat malapetaka dan mara bahaya yang besar bisa berhubungan dengan nyawa maupun harta benda.

10. sawal : kekurangan, sugih utang, (kena diterak)
bulan syawal yang dimulai pada tanggal 1 juni hingga 30 juni 2022 merupakan bulan yang kurang bagus untuk melaksanakan perkawinan, namun demikian firasatnya tidak sangat buruk sehingga bisa di langgar.

11. dulkangidah : gering, kerep pasulayan, lari mitra (kena diterak)
bulan yang jatuh pada tanggal 1 juli hingga 29 juli 2022 ini merupakan bulan kurang baik karena memiliki firasat sakit-sakitan sering mendapat masalah, di jauhi kerabat dan teman. namun demikian dapat di langgar mengingan tidak berpengaruh pada keharmonisan dan kelanggengan berumah tangga.

12. besar : sugih, nemu suka harja
bulan yang dimulai pada 30 juli 2022 hingga tanggal 28 agustus 2022 merupakan bulan yang dianjurkan untuk menngelar pernikahan firasatnya bagus yakni menjadi orang kaya dn menemukan kebahagiaan berumah tangga.

demikian petunjuk bulan yang baik dan tidak baik untuk menikah di tahun 2022, silahkan di pahami dan di resapi. semoga bermanfaat.

Share on: