berapa lama masa nifas wanita yang melahirkan anak kembar

ketika seorang wanita melahirkan anak kembar, lalu untuk mengetahui berapa lamanya masa nifas dan dihitung sejak kapan. maka tetap masa nifas adalah 40 hari, namun kapan dimulainya atau dihitungnya, hal ini lah yang sering salah. oleh karena itu melalui situs ujare.com, saya akan berbagi pengetahuan tentang berapa lama masa nifas bagi wanita yang melahirkan anak kembar.

ada dua persepsi yang didasari dari masa senggang kelahiran antara anak pertama dan anak kedua atau ke tiga. pendapat pertama adalah datang dari para ulama madzhab syafi’i, yang mengemukakan bahwa. masa nifas dimulai dari kelahiran anak kedua atau anak yang terakhir lahir. dan yang pertama di anggap darah haidh yang umumnya datang setiap bulan atau juga sebagai darah penyakit.

sedangkan pendapat madzhab maliki bergantung dari lama masa senggang kelahiran anak pertama dan anak berikutnya. jika masing-masing anak masa senggangnya lebih dari 60 hari maka masa nifas nya mengikuti pendapat madzhab syafi’i yakni dihitung sejak kelahiran anak yang terakhir lahir. namun kurang dari 60 hari maka masa nifas dimulai dari kelahiran anak yang pertama. dan dianggap bahwa darah yang keluar saat kelahiran anak berikutnya disebut darah penyakit atau darah bukan nifas.

demikian penjelasan tentang berapa lama masa nifas wanita yang melahirkan anak kembar. semoga bermanfaat.

Share on: