bentuk dan posisi tanah yang tidak baik untuk bangun rumah berdasarkan primbon

Ternyata tidak semua tanah atau pekarangan bagus untuk pembangunan sebuah rumah tinggal. hal ini di lihat berdasarkan bentuk bidang dan posisi letak tanah. pernyataan ini dikutip dari sebuah buku primbon kuno tentang larangan membangun rumah yang menyatakan tentang beberapa tanah yang tidak baik untuk rumah karena dapat berdampak buruk bagi penghuninya, baik secara kerezekian, kesehatan maupun keselamatan. oleh karena itu sebaiknya sebelum membangun agar memilih lokasi rumah dengan bentuk tanah yang baik. pemilihan betuk tanah untuk membangun rumah ternyata tidak saja di nyatakan dalam kitab primbon melainkan dari agama dan perhitungan feng shui.

bentuk dan posisi tanah yang tidak baik untuk bangun rumah berdasarkan primbon

berikut jenis tanah yang tidak baik untuk rumah tinggal:

1. tanah berbentuk segituga
pada umumnya tanah memiliki bentuk segi empat, namun tidak sedikit yang memiliki tanah berbentuk segitiga. hal ini biasanya terjadi karena berada di pojok atau karena termakan oleh jalan dan parit. apabila anda hendak membangun rumah di tanah yang berbentuk segitiga ini maka sebaiknya dipikirkan baik-baik, karena berdasarkan keyakinan jaman dahulu dan kepercayaan yang di tulis dari sebuah primbon menyatakan bahwa apabila anda embangun rumah ditempat yang memiliki bidang pekarangan segitiga maka kelak akan selalu mendapatkan penyakit yang menyerang seluruh keluarga hingga akan menghabiskan harta karena untuk berusaha mengobatinya. jika anda tidak ada pilihan lain untuk membangun rumah sebaiknya tanah yang berbentuk segitiga tersebut di potong bagian ujungnya, baik dijual atau dihibahkan untuk melebarkan jalan sehingga tanah anda akan membentuk segi empat atau memiliki 4 sudut.dengan begini maka firasat buruk pada tanah tersebut akan hilang.

2. tanah menyempit kebelakang
sering kita melihat bentuk tanah yang menyempit kebelakang jika dilihat dari depan atau dari jalan. ternyata tanah ini memiliki firasat yang tidak baik untuk membangun sebuah rumah. dikarenakan bentuknya, dalam sebuah buku primbon dan feng shui dikatakan bahwa tanah tersebut mengandung aliran rezeki yang tidak lancar, kelak jika rumah tersebut yang anda bangun ditempati lama kelamaan anda akan jatuh miskin karena berbagai cobaan yang selalu datang dan segala usaha yang tidak pernah berhasil. jika tanah tersebut merupakan satu-satunya infestasi anda dan tidak ada tempat lain untuk membangun rumah maka saya sarankan agar membangun rumah dengan menghadap kesamping atau menjual bagian tanah yang mengerucut sehingga berbentuk segi empat rata, atau juga bisa membeli tanah sebelahnya untuk mendapatkan bentuk tanah yang baik.

3. tanah berbentuk jajaran genjang/ trapesium
memang tidak semua tanah berbentuk segi empat sama sisi atau berbentuk balok. oleh karena itu apabila anda memiliki tanah yang berbentuk jajaran genjang atau trapesium, meskipun sama-sama memiliki empat sisi maka sebaiknya agar diperhatikan apabila mempunyai niat untuk membangun rumah. karena menurut primbon tanah ini mengandung banyak aura negatif seperti banyaknya cobaannya daripada keberuntungannya, selalu dikelilingi oleh penyakit dan kehidupannya tidak bisa harmonis dalam berumah tangga selalu diselimuti pertengkaran. untuk mengatasinya sebaiknya tanah menjadi penghalang dipenggal untuk dijual atau dihibahkan ke saudara dan bisa juga dihibahkan untuk membuat jalan/ fasilitas umum. atau bisa saja anda membagi tanah tersebut untuk saudara atau anak.

4. tanah miring
bentuk tanah memang ada bermacam-macam, salah satunya tanah miring. jika anda memiliki tanah seperti ini dan hendak membangun rumah maka sebaiknya dipikirkan baik2. berdasarkan primbon jawa kuno, tanah dengan bentuk demikian dapat membawa penghuni rumahnya kedalam kehancuran berumah tangga, segala usaha yang dilakukan selalu gagal. untuk itu jika anda tidak ada pilihan lain maka saran saya agar mengeruk tanah yang berbukit atau menimbun tanah yang rendah sehingga tanah bisa rata. dan apabila hendak meratakan tanah sebaiknya ada jangka waktu 1 tahun baru bisa dibangun.

5. tanah tusuk sate
meskipun pada dasaranya tanah tusuk sat ini secara logika berada di persimpangan jalan, dan mayoritas di tanah keramaian. namun tanah ini ternyata mengandung firasat buruk bagi orang yang menghuni rumah yang di bangun pada tanah yang berada di posisi tusuk sate. untuk menangkalnya telah saya tuliskan di artikel saya sebelumnya yakni salah satunya merubah posisi pintu utama agar tidak menghadap ke jalan.

6. tanah yang menghadap ke kuburan
jika anda memiliki tanah yang kebetulan menghadap ke sebuah pemakaman/ kuburan sebaiknya jika akan dibangun rumah maka hadap rumah tersebut tidak boleh menghadap kekuburan, karena membawa firasat buruk bagi kehidupan yang menghuninya. salah satu firasat buruknya adalah kehidupannya tidak tentram dan selalu dilanda pertengkaran keluarga, serta kesehatannya selalu menurun.

7. tanah bekas kuburan
jika anda mendapatkan tanah yang dulunya merupakan sebuah pemakaman, maka sebaiknya untuk membangun sebuah rumah agar benar-benar di perhatikan. tanyalah kepada para tetua adat, kyai atau orang pintar agar kelak rumah yang anda tempati tidak sering diganggu oleh hal-hal gaib, sehingga kehidupan anda tidak terganggu baik secara kesehatan maupun keselamatannya.

demikianlah beberapa tanah yang tidak baik untuk membangun rumah dilihat dari bentuk maupun letaknya, semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang memilih tempat untuk dijadikan sebuah rumah tempat tinggal yang baik dan penuh dengan keberkahan.