asal usul larangan orang sunda menikah dengan orang jawa

pernahkah anda mendengar mitos tersebut, bahwa orang sunda tidak boleh menikah dengan orang jawa. ternyata hal itu sudah berlaku turun temurun disampaikan dari leluhur ke orang -orang tua kita. lalu tahukah anda penyebab dan asal muasalnya. kali ini ujare akan mengungkap tentang mitos larangan perjodohan orang jawa dan sunda ini.

asal usul larangan orang sunda menikah dengan orang jawa

percaya atau tidak namun sebagian orang mempercayai akan hal tersebut, meskipun belum tau apa akibatnya. bagi yang percaya mereka akan mematuhi larangan tersebut, namun bagi yang tidak percaya mereka akan tetap melaksanakan perjodohan itu.

motos larangan menikah antara sunda dengan jawa berawal dari masa kerajaan majapahit yang di pimpin oleh prabu Hayam Wuruk. pada saat itu Raja Majapahit tertarik dengan Putri Kerajaan Sunda lewat gambar lukisan-lukisan yang beredar di Tanah Jawa tentang kecantikan Putri Sunda tersebut, sehingga Sang Prabu mengirimkan surat / layang hendak meminang putri yang bernama Dyah Pitaloka Citraresmi. surat tersebut akhirnya diterima dan disetujui oleh raja Sunda Prabu Linggabuana.

Atas kesepakatan keduanya akhirnya Raja Hayam Wuruk mengundang Raja Sunda dengan Putirnya ke Kerajaan Majapahit. maka berangkatlah rombongan Raja Sunda (Kerajaan Galuh) melalui jalur laut, dan sampailah di Pesanggrahan Bubat. disana mereka berharap akan di jemput oleh rombongan dari Kerajaan Majapahit. Namun yang terjadi di luar Dugaan, Mahapatih Gajah Mada utusan Prabu Hayam wuruk membuat kesalahan yang mengakibatkan kecewanya Raja Sunda, hingga terjadilah perang yang tidak seimbang antara rombongan Prabu Linggabuana dengan Bala tentara Majapahit. hingga akhirnya rombongan dari kerajaan sunda Gugur semua termasuk Putri Dyah pitaloka yang memilih bunuh diri demi menjaga martabat dan kehormatan kerajaan Sunda.

Akibat peristiwa tersebut, seluruh kalangan kerabat Negeri Sunda memberlakukan peraturan larangan “estri ti luaran”, yang isinya di antaranya tidak boleh menikah dari luar lingkungan kerabat Sunda, atau sebagian lagi mengatakan tidak boleh menikah dengan pihak Majapahit. Peraturan ini kemudian ditafsirkan lebih luas sebagai larangan bagi orang Sunda untuk menikahi orang Jawa. dan juga ditulis dalam sebuah Syair yang dinamakan KIDUNG SUNDA.

demikianlah asal usul dari mitos larangan orang sunda menikah dengan orang jawa.

Leave a Reply