asal usul keris semar mesem

siapa yang tidak mengenal keris semar mesem, sebuah benda pusaka yang memiliki kegunaan untuk memikat wanita agar jatuh hati dan bertekuk lutut kepada si pemilik keris ini. selain untuk pengasihan tingkat tinggi keris semar mesem juga memiliki banyak kegunaan (baca disini). sebelum anda mengenal lebih jauh tentang pusaka keris semar mesem, maka sebaiknya anda mengetahui asal usulnya terlebih dahulu.

asal usul keris semar mesem

asal usul keris semar mesem yang sakti dan ampuh ini, terbuat dari bahan kuningan/ tembaga dengan bentuk menyerupai tokoh punakawan, yaitu ki semar. dalam bentuknya menggambarkan sosok semar yang sedang tersenyum/ mesem, dihiasi pada bagian badannya dengan berbagai ukiran batik, namun ada juga yang berbentuk tulisan arab. memiliki gagang atau pegangan yang menayatu dengan badan keris. kemudian sarung atau wrangkanya juga sama terbuat dari kuningan/ tembaga dengan corak/ motof sama seperti pada bagian kerisnya.

ukuran keris semar mesem bervariasi, ada yang sebesar ibu jari, bahkan ada juga yang sebesar telapak tangan. bentuknya pendek buntet, melebar kesamping. berbeda dengan keris lainnya yang memang digunakan untuk senjata yang memiliki ketajaman pada bagian sisi atau ujungnya sehingga bisa melukai orang, namun keris semar mesem dibuat bukan untuk senjata penusuk atau senjata pembunuh melainkan pusaka untuk menyimpan segala kekuatan mistik/ magic khususnya khodam pengasihan.

asal usul keris semar mesem ini, meskipun secara logika adalah buatan manusia, namun sampai sekarang belum diketahui si pembuat atau pengrajin keris semar mesem. baik karena tertutup atau memeng dibuat oleh seorang empu yang hidup pada jaman dahulu. tak heran jika para pemburu benda pusaka, mendapatkan keris semar mesem ini tidaklah gampang, melainkan dengan berbagai cara dan ritual khusus yang berat.

keris semar mesem yang didapatkan dengan cara gaib, seperti menarik dari alam gaib, menarik dari tempat-tempat keramat adalah peninggalan para leluhur, yang pada saat itu ditinggal mati dan kemudian keris semar mesem menjadi penunggu makamnya atau berkelana mencari tuan yang baru.

jika anda sekarang sering menjumpai keris semar mesem di pasaran, maka sebaiknya perlu hati-hati untuk melihat keasliannya (baca disini untuk membedakan keris semar mesem asli dan palsu). meskipun bahan sama akan tetapi yang kita cari bukan bentuknya, melainkan khodam yang ada didalamnya agar bekerja pada saat kita gunakan.

usia keris semar mesem yang asli bisa mencapai ratusan bahkan ribuan tahun, oleh karena itu jika anda memiliki keris semar mesem, itu mungkin usianya sudah 7 generasi atau 10 generasi, maka bisa dibayangkan jika rata-rata usia manusia 70 tahun maka dikalikan berapa generasi. maka tak heran jika penunggu keris semar mesem atau khodamnya sering dipanggil eyang atau embah. (untuk mengetahui usia keris semar mesem baca disini).

No Responses

  1. Pingback: manfaat kegunaan serta khasiat keris semar mesem – ujare 12/10/2019

Leave a Reply