arti tanda lahir di leher menurut primbon jawa

tanda lahir yang berupa toh atau flek hitam memang sering kita jumpai pada bayi maupun orang dewasa. tanda ini merupakan pembawaan sejak lahir yang terdapat biasanya di wajah, leher, tangan, kaki, punggung, dada dan kaki. yang akan terus melekat hingga besar. namun tidak jarang orang yang berusaha menghilangkannya jika sudah mengganggu penampilan. menurut sesepuh jaman dahulu melalui primbon jawa menuliskan bahwa setiap tanda lahir memiliki makna terendiri, seperti halnya yang muncul di bagian leher seseorang.

apabila tanda lahir tersebut yang berupa toh berada di sekitar leher depan atau belakang, cenderung terbuka maka si empunya tentu akan menutupinya dengan kerah baju, jika dirasa mengganggu atau bentuk toh tersebut besar. namun tidak sedikit juga yang membiarkannya terlihat karena sudah terbiasa. makna daripada tanda lahir ini sangat berpengaruh pada dirinya, secara sifat, watak, rezeki dan keberuntungan serta kehidupan masa depannya nanti. sehingga para leluhur melalui primbon menjelaskan secara rinci agar dapat diketahui oleh para penerusnya.

tanda sejak lahir di leher seperti felek hitam yang menggumpal yang sering di sebut toh tersebut membawa makna terhadap karakter seseorang yang memilikinya. bahwasanya orang tersebut mempunyai sifat keras hati, tidak mudah putus asa terhadap keadaan, apabila cita-citanya belum tercapai maka ia akan terus berusaha meraihnya meskipun kadang menyusahkan dirinya. tidak mudah terhasut, bahkan apabila dinasehati sering tidak menghiaraukan karena dia lebih mendengar kata hatinya meskipun kadang salah jalan.

selain hatinya yang keras pemilik tanda lahir di leher juga mempunyai perasaan yang lemah, mudah tersinggung terhadap perkataan orang maupun sindiran. meskipun kadang ada perkataan yang bukan ditujukan untuk dirinya, namun dia berfikir itu sindiran untuknya sehingga merasa sakit hati karena tersinggung. mudah menilai buruk orang lain sehingga selalu berperasangka tidak baik dan curiganya tinggi.

hati yang keras dan tidak mau mendengar nasehat orang lain, serta mudah tersinggung dengan perilaku atau omongan orang sehingga sifat inilah yang kadang memicu niatnya untuk bertengkar, maka dari itu jika memiliki toh di leher disebut orangnya suka bertengkar dan banyak musuhnya. dimanapun tempat ia tinggal pasti ada salah satu yang di incar atau dibencinya. meski kadang ia menutupinya dengan berpura-pura baik.

meskipun orang tersebut memiliki sifat yang kurang baik, akan tetapi ada sisi baiknya yaitu dia adalah seorang pekerja keras. tidak memandang pekerjaan yang ia lakukan berat atau tidak, kasar atau tidak yang pastinya tidak pilih-pilih pekerjaan, selama ia sanggup melaksanakan tentu akan dilakukan. tidak minder terhadap kehidupannya jika ia menjadi orang susah yang pasti tidak mengganggu perasaannya.

orang ini juga memiliki perasaan yang peka terhadap lingkungan sekitar. sehingga besar sekali rasa belas kasihannya terhadap orang yang dalam kesusahan, maka dari itu banyak orang dengan tanda lahir di leher yang menjadi seorang Dermawan, menjadi orang tua asuh. suka menolong orang lain meski kadang tidak mengenalanya. mau berkorban untuk orang yang dianggapnya sangat membutuhkan.

selain sikapnya yang senang bertengkar pemilik tanda lahir ini ternyata ia juga sosok orang pemaaf dan mudah sadar apabila dinasehati oleh orang yang dianggapnya penting dalam hidupnya. maka dari itu dia sangat memegang prinsip tentang jatidirinya yang tidak mudah goyah oleh orang lain dan tidak mudah terhasut oleh nasehat orang kecuali orang yang dianggapnya sangat berperan dalam hidupnya.

Share on: