alamat datangnya sakit dan penolaknya

jika anda ingin mengetahui alamat datangnya penyakit yang sedang di derita maka sebelum mencari tamba atau obatnya, sebaiknya anda harus mengetahui sebab asal penyakit tersebut. berdasarkan primbon jawa kuno bahwasannya setiap penyakit yang datang pada diri kita memiliki sebab yang bisa kita ketahui, yang dinamakan alamat sakit. setelah mengetahui alamat sakit tersebut barulah kita mencari penolak atau obatnya untuk menghilangkan sakit tersebut.

pada jaman dahulu ilmu medis belum ada, obat-obatan kimia juga belum dikenal, dokter, bidan dan mantri belum ada juga. yang ada adalah tertua adat, dukun, kyai, atau sesepuh yang sudah berpengalaman menyembuhkan dan mengobati berbagai penyakit. orang-orang dahulu belum mengenal obat, biasanya sebelum mereka menggunakan ramuan-ramuan tradisional atau yang disebut herbal, ada ritual khusus yang digunakan untuk menghilangkan penyakit tersebut.

dalam artikel kali ini saya akan memberikan entang alamat datangnya penyakit beserta penolaknya. untuk mengetahui dari mana asal penyakit yang di derita tersebut, maka harus mengetahui neptu hari dan pasaran jawa ketika penyakit itu datang atau menyerang tubuh anda atau orang lain. kemudian dikurangi lima, lima apabila sisa maka dapat di cocokan dengan firasat yang tertera dibawaah ini:

  1. apabila satu jatuh pada firasat SABDA, artinya penyakit yang datang berasal dari mulutnya sendiri atau perkataannya. untuk menyembuhkan dan menangkal penyakit tersebut sebaiknya membuat selamatan dodol merah, dodol putih, dodol baro-baro, jajanan pasar secukupnya dan nasi sama sayuran.
  2. apabila sisa 2 jatuh pada firasat GUNA, artinya sakit yang datang berasal dari kerjaan orang lain ( dibuat orang). penolaknya adalah membuat selamatan dengan menyediakan dodol merah, dodol putih, dodol baro-baro, dodol palang ( dodol merah di tumpangi dodol putih ) dan dodol pliringan ( dodol merah di kasih dodol putih pada tengah-tengahnya)
  3. apabila sisa 3 jatuh pada firasat TIRTA, artinya sakit yang di derita berasal dari air/ angin, penolaknya adalah selamatan dengan membuat dodol merah, dodol putih, dodol baro-baro,dodol hitam, cendol hitam dan opak angin
  4. apabila sisa 4 jatuh pada firasat WANA, artinya sakit yang datang berasal dari alam gaib atau mahluk halus. penolaknya adalah membuat selamatan dodol merah, dodol putih, dodol baro-baro dan thiwul
  5. apabila sisa 5 jatuh pada firasat LEPAS, artinya sakit yang datang berasal dari Yang Maha Kuasa sebab menghadapi kematian. penolaknya adalah selamatan dodol merah, dodol putih, dodol baro-baro lan sega golong lulut ( beras dan ketan dicampur jadi satu kemudian di kukus dan dibuat golong). meletakan nasi golong tersebut di alasin telor dadar dan atasnya juga dikasih telor dadar.
Share on: