agar bayi tidak kagetan menurut leluhur dan primbon jawa

apabila anda memiliki seorang bayi yang sering kaget atau terperanjat maka tidak perlu khawatir, saya akan memberi wejangan yang sudah turun temurun dari leluhur/ sesepuh. untuk mengobati dan mengatasinya. cara ini sangat efisien dan manjur karena sudah dilakukan berdasarkan pengalaman- pengalaman terdahulu.

memang tidak semua bayi mengalaminya, akan tetapi sebagian besar bayi pada masanya akan melalui hal ini. para ibu – ibu tidak perlu khawatir, karena hal tersebut sudah ada ritual tambanya dari jaman dahulu kala. untuk mengatasinya tidak seerti menggunakan pengobatan medis karena perilau pada bayi tersebut bukanlah sebuah penyakit.

bayi kagetan biasanya akan terperanjat pada saat tertidur atau pada saat diam dengan ciri kedua tangan diangkat keatas kadang sambil matnya terbelalak, atau seperti orang teperanjat seketika dengan menggerakan badannya atau kepalanya. hal-hal yang mempengaruhinya adalah suara, cuaca dan sentuhan. jadi bukan karena suara keras saja, suara pelan juga bisa membuat bayi kaget. kemudian sentuhan yang dirasa datang tiba-tiba.

namun ada sebagian orang tua yang menganggap dan dikategorikan sebagai perilaku aneh yang penuh mistis bahwasanya bayi yang kaget adalah sedang merasakan datangnya mahluk gaib seperti arwah leluhurnya atau hal gaib lainnya. untuk itu biasanya orang tua dahulu akan segera membuatkan bubur merah putih dan teh pait untuk sesaji kepada leluhurnya yang sudah meninggal seperti kakek, nenek atau buyutnya.

meskipun pada dasarnya perilaku bayi kagetan akan hilang sendiri setelah beberapa waktu, tentunya menjadi hal yang meresahkan khususnya para ibu yang khawatir terhadap sang anak. oleh karena itu berbagai upaya akan dilakukan supaya anaknya kembali normal dan tidak kagetan sehingga bisa tidur dengan nyenyak. berikut cara mengatasinya:

  1. usap dadanya dan tiup ubun-ubunnya
    pada saat bayi mengalami kaget segera usap bagian dada secara lembut untuk menenangkan denyut jantungnya yang berdebar karena pengaruh kaget tadi sambil ditiup ubun-ubunnya dengan didibacakan niat agar kagetannya hilang.
  2. jangan membedong terlalu ketat
    apabila kondisi bayi masih di bedong maka usahakan jangan terlalu kuat saat membedong, karena reaksi kagetan bisa diakibatkan dari posisi bai yang tidak nyaman ketika di bedong.
  3. empon-empon
    taruh empon-empon di samping tempat tidurnya, fungsinya sebagai tolak bala untuk bayi. sehingga hal-hal gaib tidak berani mendekat atau masuk ke dalam kamar si bayi. dan ketika bayi diajak bepergian agar salah satu empon-empon di cantelkan ke baju menggunakan peniti.
  4. pakai kaos kaki
    memakaikan kao kaki pada bayi selain untuk menghangatkan tubuh juga memberi kenyamanan pada bayi saat tidur sehingga tidur sang bayi menjadi nyenyak dan tidak mudah terganggu oleh suara-suara asing yang membuat bayi sering terperanjat atau kaget.
  5. bawang merah
    gunakan bawang merah yang dikunyah lalu di tempelkan di ubun-ubunnya, hal ini tidak hanya digunakan ketika bayi demam akan tetapi juga bisa mengurangi bayi yang sering kaget.

demikian tips dan cara agar bayi tidak kagetan, semoga bermanfaat

Share on: