6 pantangan saat buka warung dan toko

setiap pekerjaan dan usaha tentu memiliki pantangan, atau larangan. seperti hal nya berdagang, berjualan di warung atau toko. dalam adat jawa dan sudah menjadi tradisi bahwa setiap akan membuka warung atau toko baik warung nasi, toko kelontong,dll. maka harus diperhatikan pantangan-pantangan penting yang jika dilanggar maka akan berdampak pada hasil jualan anda, karena akan membuat sepi pembeli dan jarang pengunjung.

pantangan-pantangan berjualan ini tidak hanya dipakai di adat jawa melainkan juga di gunakan oleh orang-orang selain suku jawa seperti padang, batak, sunda dan lain-lain. mereka memegang erat tradisi berjualan agar tidak mendapatkan sial, sehingga warung tampat jualannya selalu di beri keberuntungan.

ada beberapa pantangan yang harus di perhatikan dan di laksanakan, karena menurut para sesepuh dan orang tua jaman dahulu bahwa untuk mendapatkan keberuntungan dalam berdagang, maka pantangan harus di jauhi, sehingga usaha anda dapat berjalan dengan baik,laris manis dan mendapat untuk yang banyak.

berikut pantangan saat berjualan / membuka warung yang dapat mempengaruhi sepinya pembeli:

  1. jika ada orang meminta garam pada saat membuka dasar, atau membuka warung sebelum dagangan anda laku. maka jangan dikasih meskipun itu tetangga, karena menurut pesan orang tua jika anda memberi, maka hal tersebut akan membuat warung atau toko anda sepi pembeli sampai 1 hari penuh. jika ada yang minta garam, maka disuruh menunggu sampai ada yang beli atau laku baru dikasih. karena hal ini sering terjadi dan dinamakan orang yang akan menarik rejeki dagangan orang lain.
  2. jika ada orang hutang sebelum barang dagangan anda laku, atau saat baru buka dasar. maka jangan dikasih, karena akan membuat rejeki anda tertutup dan sepi pembeli, serta dalam satu hari akan banyak yang berhutang.
  3. jika ada orang yang mengelilingi dagangan anda, atau warung anda sebelum buka, maka suruhlah duduk kemudian kasih makanan yang kamu bawa dari rumah, namun jangan barang daganganmu. karena orang tersebut sedang menyalahi uasahamu agar tidak ada pembeli yang datang ke tempat anda.
  4. jika ada orang pembeli pertama, maka uangnya jangan dibuat untuk kembalian. simpan hingga warung anda tutup baru dipakai. hal tersbut juga bisa dimanfaatkan orang lain yang ingin menarik pembeli dari tampat anda. oleh karena itu sering kita lihat pedagang yang akan mengibas- ngibaskan uang hasil penjualan pertama dengan sambil berbicara laris-laris.
  5. jangan meludah didepan toko atau warung atau dagangan anda sendiri, karena akan menghilangkan keberuntungan yang akan datang, sehingga toko anda menjadi sepi.
  6. saat pergi hendak membuka warung atau toko jangan melintas didepan rumah yang sedang kelayon atau ada yang meni’pnggal, lebih baik melambung. karena hal ini juga dapat mempengaruhi dagangan anda menjadi sial.
Share on: