12 macam puasa yang sering digunakan dalam belajar ilmu gaib

puasa merupakan syarat utama dalam belajar ilmu gaib atau tenaga dalam, namun berbeda dengan puasa dalam keagamaan seperti puasa ramadhan, karena puasa ini dikategorikan sebagai laku/ tirakat/ ngewrat yang sangat membutuhkan keyakinan tinggi serta mental dan kemauan yang kuat. puasa ini bertujuan untuk membersihkan diri dari segala hal-hal kotor dan membangkitkan energi serta aura untuk sebuah tujuan sesuai dengan keinginan yang diniatkan sebelum melaksanakan puasa.

berikut jenis – jenis puasa yang sering dilakukan orang untuk menuntut ilmu gaib beserta keterangannya:

  1. puasa biasa, adalah puasa yang dilakukan dengan tidak makan dan minum serta tidak melakukan segala perbuatan yang tidak baik.
  2. puasa ngrowot, adalah puasa yang dilakukan dengan hanya boleh memakan makanan jenis umbi/ketela serta sayuran saja.
  3. puasa mutih, adalah puasa yang dilakukan dengan menghindari segala rasa (makan nasi putih dan minum air putih saja tanpa gula, garam maupun cabai).
  4. puasa ngebleng. adalah puasa yang dilakukan dengan tidak boleh keluar kamar selama berperihatin tidak makan dan minum.
  5. puasa pati geni, adalah puasa yang dilakukan dengan tidak makan dan tidak minum ditambah lagi dengan tidak tidur dan harus berada di dalam ruangan yang gelap selama menjalaninya.
  6. puasa ngalong, adalah puasa yang dilakukan hanya boleh makan makanan dari buah-buahan seperti kalong/ kelelawar.
  7. puasa ngideng, adalah puasa yang dilakukan dengan hanya boleh makan daun-daun dengan tangan diikat dan mengambil makanannya pun dengan mulut.
  8. puasa nglowong, adalah puasa yang dilakukan dengan tidak boleh makan dan minum serta tidak boleh tidur namun boleh berada diluar rumah.
  9. puasa ngepal, adalah salah satu puasa yang dilakukan dengan makannya serba dikepal dan tidak boleh dikunyah melainkan langsung ditelan.
  10. puasa mendem/ ngluweng, adalah puasa yang dilakukan dengan cara bertapa didalam tanah yang digali dan tidak boleh makan dan tidur
  11. puasa ngasrep, adalah puasa yang dilakukan dengan hanya boleh memakan makanan yang dingin serta minum dingin, tanpa bumbu atau rempah-rempah.
  12. puasa nguda-uda, adalah puasa yang dilakukan dengan mengurangi makan dan minum dan selalu
  13. bertindak kebajikan, membersihkan hati dengan jalan bertaubat dan membaca mantera puji-pujian
  14. Tuhan.