weton

Pengertian weton kelahiran menurut primbon, weton berasal dari kata wektu (bahasa jawa) atau waktu. istilah wektu sudah di gunakan sejak jaman dahulu kala untuk menandai kelahiran seseorang. menurut sejarahnya asal mula di sebut weton adalah pada saat orang bertanya waktu kelahirannya menggunakan bahasa jawa maka yang di ucapkan adalah “wektune kapan?” kemudian seiring berjalannya waktu yang turun temurun maka di kenalah nama weton. weton jawa sendiri adalah gabungan antara hari dan pasaran, yaitu hari 7 dan pasaran 5.

pengaruh primbon weton kelahiran terhadap kehidupan manusia, orang jawa dulu sangat identik dengan perhitungan weton, setiap bayi yang lahir maka harus di ingat hari dan pasaran kelahirannya sebagai pedoman dalam perhitungan primbon jawa. karena saat itu orang-orang jawa membawa budaya adat atau kepercayaan ini kemanapun mereka berpijak maka istilah weton jawa banyak digunakan didaerah lain di luar pulau jawa. setiap orang tua harus mencatat weton anaknya agar kelak setelah anak tumbuh besar bisa mengetahui hari kelahirannya.

perbedaan weton jawa dengan tanggal lahir, jika secara nasional weton tidak terlalu digunakan karena weton hanya digunakan dalam kategori mistis, mitos, serta hukum adat dan kepercayaan adat.berbeda dengan tanggal lahir yang digunakan sebagai latar belakang identitas seseorang untuk dicantukna dalam profile pribadi. seperti kita ketahui bahwa weton merupakan unsur gabungan antara hari kelahiran dengan pasaran jawa sedangkan tanggal lahir adalah hitungan menurut kalender penanggalan masehi/jawa/hijriyah. sehingga perhitungan weton akan kembali berputar setelah 35 hari sedangkan tanggal lahir akan bertemu dengan waktu yang sama setelah satu tahun atau 365 hari yang disebut hari ulang tahun.

berbagai fungsi dan kegunaan weton menurut primbon jawa sangat banyak antara lain :
– hitungan keselamatan
– perhitungan jodoh
– untuk mencari hari baik dan hari naas
– untuk ramalan watak dan tabiat
– ramalan jodoh
– ramalan kehidupan
– mencari hari pernikahan yang baik
– untuk mengetahui pekerjaan yang cocok
– untuk pengobatan non medis
– untuk berbagai amalan/ ritual
– dll.

selain keguanaan yang diatas weton juga dapat disalah gunakan oleh orang lain untuk berbagai kejahatan seperti pelet/ pengasihan, guna-guna/ teluh/ santet yang intinya untuk menyakiti orang lain. oleh karena itu menurut pesan orang tua bahwa weton harus dirahasiakan benar-benar jangan sampai di beritahukan ke sembarang orang, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. percaya atau tidak intinya segala sesuatu harus kita ber hati-hati. sekarang telah dibeberkan rumus untuk mengetahui weton seseorang dengan hanya menggunakan tanggal lahir orang tersebut, sehingga tidak menutup kemungkinan orang yang ingin mengetahui weton seseorang ada sesuatu yang ingin dia ketahui dan lakukan. semoga kita semua menjadi orang yang selalu selamat dalam lindungan Tuhan YME.

Leave a Reply