sifat manusia berdasarkan nama

manusia memiliki sifat yang berbeda-beda, sejak dilahirkan kedunia mereka telah menbawa tabiat sendiri-sendiri. watak atau sifat manusia dapat diketahui dengan beberapa cara diantaranya nama. untuk mengetahui sifat manusia berdasarkan nama ada dua pilihan yaitu dengan huruf jawa dan huruf alfabet. dibawah ini akan saya ramalkan sifat manusia mengguanakan nama dari abjad huruf jawa. sebenarnya hal ini hanya diketahui oleh orang jawa yang tau huruf jawa, namun untuk orang lain juga bisa karena hanya mencocokan nama awal dengan huruf jawa yang tersedia.

huruf jawa terdiri dari 20, setiap abjad jawa memiliki arti untuk sifat manusia jika dilihat berdasarakan huruf pertama pada nama panggilan kecilnya yg diberikan oleh orang tua pada saat baru lahir kedunia. yang disebut ENDRASWARA. pada zaman dahulu nenek moyang kita membarikan nama pada bayi yang baru lahir melalui perhitungan yang cermat dan teliti. adapun pedoman-pedoman untuk memilih nama terbaik yang didasari pada patokan perpaduan dengan ciptaan orang tua dari sang bayi menurut wuku masing-masaing, penyesuaian pada panca suda dan ilmu perbintangan dll.

baiklah sekarang kita masuk pada ramalan sifat manusia berdasarkan nama, yang diambil huruf pertama/ awalan dari pada nama kecil atu nama yang diberikan oleh orang tua pada saat setelah dilahirkan kedunia.misalkan kita memiliki nama depan adalah huruf Ra. contoh nama yang memiliki huruf pertama “ra” adalah rahmat, ramadan, raisa, raspati, rangga, ranto dll. kemudian “Ha” seperti hanafi, hana, haryo, hadi, hasyim dll. sekarang tentunya anda sudah mengetahui nama depan anda marilah cocokan dengan ramalan watak manusia dibawah ini untuk mengetahui sifatnya dan tentunya kita mengharapkan agar selamat, sabaar, subur, sehat sejahtera dan baik.

HA = banyak tingkah dan gayanya.
Lambang = bramara anglentren ( bremara lunglai ). artinya hanyut terbaea angin
sifatnya = orang yang memiliki nama dengan awalan huruf ha dalam segala urusan tidak mau kalah, mudah tersinggung dan akan marah apabila disindir atau mendapat kecaman. apabila berkenan dengan hatinya, ia rela mengorbankan apapun juga. apabila marah bagaikan raksasa, tak pandang siapa yang dihadapinya , mempertaruhkan nyawa adalah tekadnya untuk mempertahankan keyakinan dan pendiriannya.

NA = tinjau kesatria di medan laga (yudha) berarti mempertaruhkan nyawa
sifat manusia berdasarkan nama depan Na adalah terlalu berani dalam sikap maupun tutur katanya, orangnya angkuh dan apabila sedang marah sukar untuk di redakan oleh orang lain. besar tekadnya sampai berani korbankan nyawanya.

CA = catur parang muka (empat huru hara) dihadapi dengan gagah berani
sifat manusia berdarakan nama depan huruf CA pada huruf jawa, jika wanita memiliki watak berani terhadap laki-laki, kurang bersahaja tingkah lakunya, suka memerintah dan main kekuasaaan, namun dalam pergaulan ia akrab dengan teman- temannya. keakrabannya kadang-kadang bersifat sementara karena ia tak suka dicela, disindir mekipun bergurau karena mudah tersinggung hatinya. orangnya lemah meskipun dia dipihak yang salah tetap saja mati-matian memberikan perlawanan apalagi jika di posisi benar.

RA = rata sempal kedekan jagate kentir gemuruh ( dataran bengkah akibat bumi longsor/ bergemuruh)
watak manusia berdasarkan nama depan dengan huruf RA adalah cerdik dan tingkah lakunya baik serta tutur katanya lembut, namun mudah patah hat, cepat marah dan cepat pula mereda. kadang agak terlalu berani dalam sikapnya. orangnya simpatik dan humoritis, tak suka menyakiti hati orang lain.

KA = kongkang (katak) bersuara lantang , seolah memikirkan dambaan hatinya.
tabiat manusia berdasarkan nama depan daripada huruf KA adalah lantang bicaranya, seakan hendak membelah bumi apabila akan menyatakan tidak setuju atau kurang tertarik terhadap sesuatu.lembut dan menarik dalam bertutur kata apabila berkenanan dengan hatinya. suka disanjung. kelemahannya mudah percaya pada aduan orang lain tanpa pikir panjang dan diĀ  cari kebenarannya.

DA = daliwara (sejenis serangga) hilir mudik merayapi bilik pembatasan, kuda dibawa kemedan perang terus berani menerjang maju hingga tewas. sifat manusia untuk nama depan Da adalah murah hati dan ramah serta murah senyum terhadap orang. besar hati suka memaafkan. disukai banyak orang dan memiliki banyak pacar.

TA = tawang pandita terbang ke angkasa
sifatnya pada manusia adalah pikirannya keras dan terang, cerdas, tangkas sikap maupun gayanya. berpendirian lurus. tidak menyukai orang yang suka berbicara bohong. karena dia sendiri selalu berusaha untuk jujur.

SA = satmata (tampak) bulan tanggal satu, istana sejuk dalam belaian sang bayu
nama dengan awala SA memiliki watak pada manusia cerdas, cekatan dalam menghadapi segala macam pekerjaan, halus budi bahasadan tingkah lakunya. memiliki cukup keberanian meski dalam ambang batas kewajaran. orangnya menarik dan terpandang meski kadang membuat kesal.

WA = wukir (gunung) mamela laksana cemara seribu buluh gading kuning
sifat manusia yang memiliki nama depan huruf WA adalah orangnya angkuh,suka menyakiti hati tutur bicaranya. dalam bertengkarlebih banyak mengalah. dalam persahabatan jarang lama sebab kadang-kadang suka memperlihatkan egonya. bila berani kurang kesabaran, mudah putus asa dalam menghadapi kesusahan.

LA = liweran mati salira, tangkepnya mamrih angkuh, tejanya makuwung ( terbayang ancaman maut , congkak, sombong tingkah gayanya , penampilannya dapat menggetarkan hati ) sifat manusia dengan berdasarkan nama kecil dengan awalan huruf LA adalah orangnya kaku dalam pergaulan, suka berubah-ubah pendiriannya, nafsu amarahnya menakutkan. cerobuh pikirannya, dalam menceri rejeki dan pekerjaan kurang memakai aturan.

PA = punggeling kang buron ranu amangsa gundik
nama dengan awalan huruf PA memiliki sifat pada manusia adalah pikirannya pendek dan mudah patah hati, orangya pendendam. apabila wanita yang memakai nama ini jarang memiliki anak dan keturunan. pikirannya kacau suka berbuat yang bukan-bukan. orangnya keminter suka mengaku pandai meski sebenarnya bodoh. berdosa terhadap ibunya , pada akhirnya hidup dalam kesulitan akan tetapi selalu merasa benara dan tidak mau bertaubat.

DA = daguna lena anguwuh ing banyu, ontrag tenaganira (ilmu ghaib menimpa air, bergejolak timbulkan ombak)
sifat manusia yang memiliki nama depan dengan huruf DA adalah suka berkecil hati, kelakuannya serba halus , telaten dan penyabar akan tetapi sekali merasa kesal sangat sukar dipulihkan kembali. didalam segala pekerjaan giat dan pantang menyerah sebelum selesai.
( dalam huruf jawa DA ada dua namun memiliki arti berbeda, DA yang pertama bersifat huruf DA namun Da yang kedua memiliki arti sama dengan hurruf D pada abjad biasa)

JA = jaliwara sang nerpati manah salira, amengkul kekudunging teja lan tatit (penggambaran raja sesali diri, merenungkan mega menyelimut cahaya halilintar) sifat manusia dengan nama depan huruf JA adalah, berhati lembut, suka terhadap seni dan budaya, sejarah . suka menyendiri menekuni perjalanan hidup untuk memisahkan segi-segi baik dan buruk

YA = yagiri amenggaha miliha atine, tansah kawuhan (bagaikan mencari jantung hati sebuah gunung niscaya pikir bertambah bingun)
sifat manusia berdasarkan nama depan huruf YA adalah orangnya suka menimbulkan permaslahan, hatinya sering kali resah sendu apabila memberikan sesuatu pada seseorang seringkali disesalinya di kemudian hari. ucapannya kadang-kadang tidak baik didengar.

NYA = ingin hati memeluk gunung
sifat manusia berdasarkan awalan nama depan huruf NYA adalah memiliki pendirian yang tidak tetap, bicaranya sangat berlebihan padahal ini semua untuk menutupi kebodohannya. prilakunya kurang pertimbangan. memiliki watak pengecut , rakus kurang sopan santun dalam pergaulan.

MA = magelunging jagad kadi dedaren ngayap sami manembah
nama dengan awalan MA memiliki sifat pada manusia adalah besar hati, luas pikirannya, tabah menghadapi segala maslahameski yang berat dan sukar sekalipun. pendiriannya teguh meskipun mendapat perlakuan kurang baik dari orang lain.

GA = gajah gading kegiri-giri, matreping ngalaga pamukira ( gajah gading kebanggaannya , senjata ampuh dalam peperangan)
sifat pada manusia yang berawalan nama huruf GA adalah terlalu besar hati, congkak, cepat marah dan mudah tersinggungtetapi cepat mereda apabila marah. pendiriannya suka berubah-ubah, jika akan berumah tangga jodoh yang cocok adalah anak yatim piatu atau orang yang cacat.

BA = binuncang perang rejeng, dinula anda peming pinaran ambyani ( terlontar angin hanyut, terpandang mengigau, didekati membahayakan)
sifat manusia dalam huruf depan nama jawa BA adalah wataknya apabila ia seorang wanita ia terlalu besar rasa egonya. suka mementingkan diri sendiri, maunya di anggap baik oleh orang lain tanpa menghargai orang.

TA = tatit mindra guna ngawuh kalbunya tan kewran (halilintar ampuh menggelegar, hati tak gentar)
dalam sifatnya pada manusia yang memiliki nama dengan awalan huruf TA wataknya adalah bodoh tetapi kuat ingatannya, pandai memasak. orangnya suka disanjung atau gila hormat. hatinya tidak jujur suka menyusahkan orang tua dan orang lain. baik laki-laki maupun perempuan kurang baik hatinya.

NGA = ngongkang kadya cemara gigis, kewarning galih (berindil bagai cemara rontok, serba salah)
sifat manusia berdasarkan nama awalan huruf jawa terakhir NGA adalah orangnya bodoh namun daya ingatnya sangat kuat. meski mengenai hal-hal yang tanpa arti. apabila laki-laki besar rasa cemburunya, rakus makan tanpa peduli dengan yang lain.